Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Laris Mana, Motor Sport Naked atau Full Fairing Bekas?

Kompas.com - 02/04/2020, 11:22 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pasar sepeda motor sport 150 cc yang beredar di pasaran adalah tipe naked dan juga full fairing. Perbedaan tampilan kuda besi ini berpengaruh pada harga jualnya.

Di pasar motor bekas (Mokas) motor sport dengan kubikasi 150 cc masih menjadi idola. Tetapi, antara motor sport naked dan full fairing mempunyai peminatnya sendiri-sendiri.

Tri Sekam, pemilik showroom Mokas Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) mengatakan, di pasar motor bekas, tipe sport 150 cc naked lebih laku dibandingkan dengan yang full fairing.

“Kebanyakan pembeli lebih memilih yang tanpa fairing atau naked, lebih ramping dan simpel,” katanya kepada Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Ini Motor Sport Bekas yang Masih Banyak Dicari Pembeli

Tri menambahkan, selama ini pembeli motor sport dengan jantung pacu 150 cc didominasi adalah para anak muda dan siswa SMA.

Sehingga mereka menginginkan sepeda motor yang lebih simpel, dan jatuhnya adalah naked.

Yamaha VIXION dengan warna stripping barudok.Yamaha Yamaha VIXION dengan warna stripping baru

“Yang paling banyak dibeli adalah Honda CB 150 R dan juga Vixion,” katanya.

Selain dua tipe motor dengan mesin empat tak tersebut, Tri juga mengatakan, ada jenis motor sport dua tak yang tidak kalah pamornya dengan motor baru, yakni Ninja 150R.

Meski kuda besi dari pabrikan Kawasaki tersebut tergolong motor lawas, tetapi peminatnya sampai sekarang masih sangat banyak.

Baca juga: Harga Motor Sport Full Fairing 150 cc Bekas, CBR Masih Paling Mahal

Sehingga, tidak heran jika harga pasarannya pun masih tinggi dan tetap stabil. Meskipun sudah banyak beredar motor sport yang lebih modern dan injeksi.

“Ninja 150R juga lagi ramai sekarang ini, harga pasarannya juga masih stabil di angka Rp 15 juta sampai 20 juta. Memang motor lawas, tapi peminatnya masih tinggi,” ucap Tri.

Sedangkan untuk Suzuki GSX 150 R, kata Tri kurang begitu diminati oleh pembeli. Sehingga harga pasarannya pun juga tidak cukup bagus.

“Kalau Suzuki kurang peminatnya, kalau ada tahun 2017 itu paling sekitar Rp 16 juta,” katanya.

Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekasGridOto.com Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekas

Pemilik showroom Mokas Nugroho Motor, Nugroho Dwi Prastiko mengatakan, di antara dua motor sport naked terlaris yakni CB 150 R dan Vixion, ada Ninja 150 R.

Baca juga: Punya Uang di Bawah Rp 10 Juta Bisa Beli Motor Sport Bekas Ini

“Ninja 150 R keluaran tahun 2010 harganya masih Rp 16 juta, memang masih stabil karena banyak yang mencarinya,” kata Nugroho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com