Ternyata Kaca Belakang Bus Punya Fungsi Ganda

Kompas.com - 02/04/2020, 09:22 WIB
bus tingkat Rico Blogspotbus tingkat

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan besar dan panjang seperti bus, memiliki kaca belakang. Jika dilihat dimensinya, posisi pengemudi dengan kaca belakang bisa dibilang cukup jauh, sehingga kurang efektif.

Lagi pula, spion yang ada di kabin juga fungsinya lebih untuk melihat penumpang, bukan ke kaca belakang.

Apalagi model bus saat ini semakin beragam. Model bus tingkat yang posisi pengemudinya ada di bagian bawah bus, pasti tidak bisa melihat ke bagian belakang melalui kaca. Kondisi ini berbeda seperti mobil pada umumnya yang bisa melihat kondisi di belakangnya melalui kaca.

Lalu apa fungsi sebenarnya dari kaca bus dan Kenapa masih ada dan digunakan oleh sampai sekarang?

Baca juga: Bisa Pesan Kawasaki Ninja 250 4-Silinder, Siapkan Rp 10 Juta

bagian belakang bussribu.com bagian belakang bus

Rifandy Adrianto, Marketing Staff karoseri Adi Putro, mengatakan, penggunaan kaca belakang pada bus sejatinya punya fungsi ganda. Salah satunya, adalah untuk memenuhi unsur estetika dari sebuah kendaraan.

“Sebenarnya hanya secara estetika, selayaknya mobil juga ada kaca belakang. Biasanya juga pada bagian kaca belakang ditutupi oleh stiker untuk beberapa Perusahaan Otobus (PO),” ucap Rifandy kepada Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Tren Baru di Tengah Corona, Keliling Jakarta Tanpa Keluar Kabin Mobil

Selain memenuhi unsur estetika, adanya kaca belakang bus juga bisa untuk keadaan darurat dan melihat situasi di luar. Seperti yang dikatakan oleh Werry Yulianto, Export Manager karoseri Laksana.

Fungsi kaca belakang juga bisa sebagai emergency exit bila terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Di samping itu juga untuk melihat situasi di luar bagi penumpang bus,” ucap Werry kepada Kompas.com.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X