Respons PO Bus Kalau Dilarang Masuk Jabodetabek

Kompas.com - 02/04/2020, 07:42 WIB
bus akap tribunnews.combus akap

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, pernah ada wacana kalau Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyetop operasi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), dan pariwisata.

Artinya, akses Jabodetabek akan ditutup sehingga kendaraan niaga ini dilarang masuk atau keluar dari area ini.

Penyetopan operasi bus ini dilakukan agar penyebaran virus corona atau Covid-19 tidak semakin meluas. Dikhawatirkan penumpang bus membawa virus ke daerah-daerah lain di Indonesia.

Wacana tersebut akhirnya dibatalkan, atau setidaknya sampai sekarang belum diputuskan. Salah satu alasannya, karena dianggap hanya memihak pemerintah tetapi tidak memperhatikan Perusahaan Otobus (PO) yang akan kehilangan pendapatannya.

Kru dari bus yang biasa mengantar penumpang ke Jakarta bisa kehilangan mata pencahariannya.

Baca juga: Syarat Mengajukan Permohonan Penundaan Kredit Motor dan Mobil

bus akapKompas.com/Fathan Radityasani bus akap

Jika penyebaran virus corona semakin parah, bisa jadi pelarangan bus beroperasi akan diberlakukan. Lalu bagaimana respons dari PO bus yang bakal dilarang beroperasi masuk ke Jabodetabek?

Anthony Steven Hambali, pemilik dari PO Sumber Alam, mengatakan, akan mengikuti perintah dari pemerintah, walaupun harus menghentikan pengoperasian busnya.

“Kalau kami ya, jika pemerintah menyuruh stop, kami akan ikuti,” ucap Anthony kepada Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Anthony juga akan membantu semaksimal mungkin untuk kelanjutan hidup kru. Salah satu upaya yang dilakukan, seperti penggiliran kerja agar semua kru tetap dapat penghasilan. Hanya saja jika Jabodetabek jadi ditutup, pembagian kerjanya akan semakin sedikit.

“Untuk kru, kami bantu semaksimal mungkin, jika tidak ya dirumahkan (kru). Jadi kami lakukan penggiliran kerja, karena kru dibayarnya per perjalanan/trip, jadi sistemnya seperti pekerja harian lepas,” kata Anthony.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Parkir Lama Harus Buka Kaca Jendela Sedikit

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X