Selama WFH, Jangan Lupa Cek Volume Air Aki Mobil

Kompas.com - 28/03/2020, 10:42 WIB
ilustrasi pengencekan AC dan aki mobil Otomotifnet/tunasilustrasi pengencekan AC dan aki mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH),  sebagaimana imbauan dari pemerintah memang memberikan waktu lebih banyak bersama keluarga.

Selain bisa tetap fokus pada pekerjaan, tentunya mempunyai sedikit waktu untuk melakukan kegiatan lain.

Salah satunya adalah melakukan perawatan ringan terhadap kendaraan pribadi. Sejak adanya imbauan WFH, otomatis intensitas penggunaan mobil juga berkurang.

Bahkan kendaraan roda empat yang biasa digunakan sebagai penunjang pekerjaan juga lebih banyak terparkir di garasi. Meski tidak digunakan, bukan berarti mobil dibiarkan teronggok dan tidak tersentuh.

Baca juga: Ketahui, Ini Tanda Aki Mobil Sudah Mulai Soak

Perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah dengan melakukan pengecekan volume air accu.

Seiring dengan penggunaannya, air aki bisa saja berkurang atau bahkan sampai di bawah batas bawah atau low yang direkomendasikan.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Kondisi ini tentunya akan berpengaruh pada tingkat keawetan baterai tersebut. Padahal, komponen penyimpan energi listrik tersebut merupakan perangkat utama untuk menghidupkan mesin mobil.

Untuk itu, volume cairan akumulator harus tetap dijaga agar kondisinya tetap prima selama pemakaian.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, air aki harus dipastikan berada di tengah-tengah batas yang diperbolehkan.

“Jangan sampai di atas upper atau atas maupun di bawah batas terendah atau low,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Begini Cara Benar Melepas dan Pasang Aki Mobil

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X