Begini Cara Benar Melepas dan Pasang Aki Mobil

Kompas.com - 24/03/2020, 15:32 WIB
Ilustrasi perawatan aki pada mobil personal.neacelukens.comIlustrasi perawatan aki pada mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan penggantian aki pada mobil terkesan mudah dilakukan. Bahkan, setiap pemilik mobil pun sepertinya bisa melakukan hal itu sendiri di rumah.

Akan tetapi, ada catatan tersendiri jika Anda ingin melakukan penggantian komponen penyimpan energi listrik tersebut. Terutama saat hendak melepas dan memasang kabel pada kedua kutub aki, yakni negatif dan positif.

Hal ini karena, saat melepas dan memasangnya tidak boleh sembarangan asal mencopot kabelnya saja.

Tetapi juga harus dengan tahapan yang benar, untuk menghindari terjadinya hal-hal tidak diinginkan seperti korsleting atau permasalahan lainnya.

Baca juga: Jangan Salah, Tak Semua Mobil Punya Jenis Aki Sama

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menjelaskan, saat akan mencopot aki didahulukan untuk melepas kabel yang ada di pole kutub negatif.

Aki Mobil HellaAditya Maulana - Otomania Aki Mobil Hella

“Setelah terlepas barulah kabel di pole kutub positif baru dilepas,” kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Sedangkan saat akan memasang, Didi melanjutkan, tahapan yang dilakukan berbalikan, yakni pasang dulu kabel di pole positif, baru dilanjutkan dengan memasang kabel di pole negatif.

“Hal ini untuk menghindari terjadinya korsleting listrik saat melakukan pemasangan,” ucapnya.

Jika melakukan pemasangan kabel aki didahulukan yang negatif, maka jika kabel positif tersentuh bodi maka bisa menyebabkan terjadinya korsleting.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ukuran Aki Mobil Besar Arus Listrik Jadi Lebih Stabil?

Maka dari itu, saat melakukan pelepasan maupun pemasangan harus diperhatikan benar tahapannya. Perlu diingat, ketika melakukan penggantian aki dipastikan posisi kunci kontak off.

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X