Hindari Virus Corona, Beli Mobil Kini Bisa di Rumah

Kompas.com - 23/03/2020, 07:42 WIB
Ilustrasi beli mobil secara online drivenautos.comIlustrasi beli mobil secara online
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya penyebaran virus corona (covid-19), membuat sebagian orang mulai enggan meningalkan rumah, bahkan sudah mulai membatasi aktivitasnya.

Pemerintah juga telah menyarankan untuk melakukan pekerjaannya dari rumah, alias work from home (WFH). Lantaran hal itu, sejak beberapa hari lalu sudah ramai tagar bertuliskan #dirumahaja yang beredar di sosial media.

Nah bagi masyarakat yang ingin membeli mobil baru tapi khawatir meninggalkan rumah, ada cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan metode pemesanan online. Apalagi sudah banyak agen pemegang merek (APM) yang melakukan aktivitas penjualan produk secara daring.

Baca juga: Cara Ampuh Bunuh Bakteri dan Virus Corona di Kabin Mobil

Salah satu contoh seperti yang ditawarkan oleh Daihatsu, untuk memberikan kemudahan kepemilikian mobil baru di masa rawan wabah corona, Daihatsu menyarankan calon konsumen untuk mamanfaatkan teknologi daring dibandingkan harus ke showroom.

Ilustrasi beli mobil onlinewww.aarp.org Ilustrasi beli mobil online

"Karena situasi, kami sarankan calon konsumen berkunjung melalui situs resmi atau dari aplikasi Astra Daihatsu Mobile. Semua informasi terkait produk, harga, dan spesifikasi sudah disajikan," kata Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, kepada Kompas.com, Minggu (22/3/2020).

Hendrayadi menjelaskan konsumen bisa memesan unit dari aplikasi atau situs resmi. Dalam kurun waktu 1x24 jam, akan langsung dihubungi oleh wiraniaga untuk proses kelanjutannya.

Menariknya, konsumen juga bisa mengajukan test drive lebih dulu sebelum membeli unit yang diinginkan. Hal ini dilakukan agar konsumen mendapat kemudahan layaknya berkunjung langsung ke diler.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Servis Mobil di Rumah Saja

"Prosesnya mudah, bedanya pemesanan bisa dilakukan dari rumah. Konsumen juga bisa mendapatkan harga terbaik seperti promo dari wiraniaga, namun untuk keamanan saat transaksi, pastikan saat pembeliaan rekening yang diberikan atas nama perusahan atau diler, bukan pribadi," ucap Hendrayadi.

Ilustrasi membeli mobil.SHUTTERSTOCK Ilustrasi membeli mobil.

Sama dengan Daihatsu, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga sudah mulai mendorong aktivitas marketing melalui media online, termasuk dalam sisi pembelian kendaraan bagi calon konsumennya.

Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, dalam menyakapi kondisi saat ini akibat corona, Honda memperbanyak strategi marketing dengan mdia masa dan online, serta tetap menjaga hubundan dengan para loyalisnya.

"Kami fokus pada strategi digital marketing menciptakan image produk yang baik dan mengumpulkan data potensial konsumen melalui website dan media digital lainnya. Data itu nanti akan kami follow up melalu promosi email atau menghubungi langsung konsumen," kata Billy.

Baca juga: Mengapa Mobil Dilarang Langsam di Sisi Paling Kanan Jalur Jalan Tol?

Membeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan. SHUTTERSTOCK Membeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan.

Selain Honda dan Daihatsu, sebenarnya ada banyak APM lain yang juga memiliki "showroom digital" dan bisa dikunjungi langsung oleh konsumen tanpa harus meninggalkan rumah. Kemudahan ini tentunya bisa dimanfaatkan bagi yang ingin membeli mobil dalam kondisi seperti sekarang ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X