Resmi Berhenti Jualan di Indonesia, Chevrolet Tulis Surat Perpisahan

Kompas.com - 22/03/2020, 19:05 WIB
General Motors guardian.co.ukGeneral Motors
|

JAKARTA, KOMPAS.com - General Motors (GM), mengunggah surat perpisahan kepada pemilik mobil Chevrolet pasca keputusannya untuk menghentikan aktifitas penjualan di Indonesia pada akhir Maret 2020 mendatang.

Perusahaan otomotif multinasional asal Amerika Serikat itu terpaksa hengkang dari Tanah Air karena adanya perlambatan pertumbuhan di pasar nasional dan gejolak global.

Meski demikian, dalam surat yang dikutip di laman resmi chevrolet.co.id, pihak GM memastikan tidak akan menghentikan layanan purna jual walau tak dicantumkan tenggat waktunya.

Baca juga: Alasan General Motors Hentikan Penjualan Chevrolet di Indonesia

Chevrolet Trax mendadak diburu konsumen Chevrolet Trax mendadak diburu konsumen

"Para pemilik Chevrolet dapat memastikan bahwa kami akan tetap menghargai seluruh garansi kendaraan dan memberikan layanan serta dukungan purna jual. Pelanggan akan tetap mendapatkan layanan perawatan dan perbaikan kendaraan Chevrolet yang dimiliki di outlet resmi yang tersebar di seluruh Indonesia," tulis surat tersebut.

Oleh karenanya, meski sudah tak lagi berjualan maka garansi kendaraan masih tetap bisa dimanfaatkan oleh pemilik. Termasuk layanan perawatan dan perbaikan kendaraannya.

GM juga membuka pusat layanan dan informasi pelanggan Chevrolet Indonesia yang bisa diakses di 1500-951, 08111024389, 08111824389.

Baca juga: Harga Bekasnya Turun, Peminat Ford dan Chevrolet Seken Masih Banyak

 

Diler Andalan Chevrolet di Jakarta Pusat Diler Andalan Chevrolet di Jakarta Pusat

Sebelumnya, pada penghujung 2019 Presiden GM Asia Tenggara Hector Villarreal menyatakan bahwa keputusan ini dilakukan usai meninjau secara komperhensif potensi rencana bisnis GM di Indonesia.

"Secara global, kami telah mengambil langkah-langkah yang sulit untuk memfokuskan aset dan sumber daya yang dimiliki. Keputusan yang sulit ini konsisten dengan strategi global GM untuk tetap berfokus pada pasar yang memiliki jalur yang jelas untuk mencapai keuntungan yang berkesinambungan," ujarnya di keterangan resmi (28/10/2019).

General Motors Indonesia membuka diler baru di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (15/9/2015).Febri Ardani/KompasOtomotif General Motors Indonesia membuka diler baru di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (15/9/2015).

"Di Indonesia, kami tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungan bisnis berkesinambungan," katanya lagi.

Adapun faktor lain yang ikut berkontribusi terhadap keputusan GM ini, kata Hector, adalah pelemahan harga komoditas dan tekanan mata uang asing.

Untuk diketahui, GM di Indonesia saat ini hanya menjual kendaraan bermerek Chevrolet. Tercatat, ada empat model yang ditawarkan yaitu Chevrolet Spark, Chevrolet Trax, Chevrolet Trailblazer, dan Chevrolet Colorado.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X