Merasakan Kabin Suzuki XL7, Lebih Nyaman?

Kompas.com - 22/03/2020, 14:40 WIB
Suzuki XL7 KOMPAS.com/RulySuzuki XL7
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran low sport utility vehicle (LSUV) Suzuki XL7 di Tanah Air pada awal 2020 membuat gebrakan tersendiri bagi pasar otomotif dalam negeri.

Kendaraan yang menggunakan basis sama seperti Suzuki Ertiga itu membawa berbagai penyempurnaan untuk jadi mobil segala medan.

Bukan hanya bagian eksterior, interiornya pun dibuat memiliki utilitas tinggi.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Tampilan Suzuki XL7

Interior Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Interior Suzuki XL7

Secara keseluruhan, kabin XL7 memang tak begitu berbeda jauh dengan Ertiga. Hanya saja, suasana yang diberkan lebih terkesan sporty, dipenuhi warna hitam.

Pada bagian doortrim dan dasbor, aksen yang dipakai bukan lagi kayu melainkan motif karbon dengan lapisan plastik. Kemudian, ada sedikit perubahan pada tinggi arm rest yang mana lebih baik dibanding sebelumnya.

Interior Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Interior Suzuki XL7

Desain dasbor, kisi-kisi AC, hingga jok-nya nampak sama seperti Ertiga Sport. Hanya saja ada perbedaan di tekstur jok yang lebih bermotif sehingga menegaskan nuansa sporty.

Menariknya, pengaturan layar hiburan dan AC belum sepenuhnya dibuat digital atau touchscreen. Beberapa titik masih menggunakan analog sehingga memudahkan penumpang depan atau pengemudi saat melakukan pengaturan.

XL7 juga disematkan pendingin minuman pada cup holder bagian tengah. Jadi, menambah nilai tersendiri jika sedang melakukan perjalanan cukup jauh.

Baca juga: [VIDEO] Pengalaman Berkendara Suzuki XL7 Alpha untuk Harian

Interior Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Interior Suzuki XL7

Pada bagian belakang, tak banyak hiburan yang bisa dinikmati. Meski demikian, penumpang dipastikan tidak akan kepanasan karena AC sudah double blower atau suhunya bisa diatur sendiri.

Guna menambah kenyamanan dan utilitas, disediakan juga arm rest pada bagian tengahnya. Penempatan posisi dari fitur ini begitu proporsional bagi penumpang dewasa.

Kursi baris ketiga, seperti biasa, kurang nyaman ditempat oleh orang dewasa (tinggi 170 cm). Sebab, ruang kaki begitu terbatas walau ruang kepala masih cukup memadai.

Pengaturan pelipatan kursi bagian tengah juga patut jadi perhatian tersendiri. Pasalnya, kursi baris kedua mobil ini tidak bisa dilipat ke depan.

Sebagai gantinya, titik rebah kursi lebih jauh sehingga mampu meningkatkan kenyamanan penumpang.

Adapun kapasitas bagasi XL7 ialah 153 liter. Namun kalau kursi belakang direbahkan, maka kapasitasnya bertambah jadi 550 liter. Kapasitas maksimum bagasi (kursi tengah direbah juga) adalah 803 liter.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X