Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Gampang Kotor, Begini Cara Membersihkan Karpet Beludru

Kompas.com - 22/03/2020, 17:24 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mencegah penyebaran virus corona, interior mobil harus lebih sering dibersihkan. Selain menghindari penyakit, membersihkan interior juga bisa membuat udara kabin jadi lebih bersih.

Salah satu bagian yang paling kotor tentu saja karpet mobil. Posisinya yang berada di lantai kabin membuat karpet selalu diinjak oleh kaki.

Masalahnya, kotoran yang berasal dari alas kaki dengan mudah bersarang di karpet. Apalagi di bagian karpet dasar yang menggunakan bahan jenis beludru.

Baca juga: 3 Motor Yamaha yang Gagal di Indonesia

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

“Kotoran yang bersarang di karpet ini sangat mungkin tersedot ke dalam AC dan bersarang di filter penyaring atau di evaporator,” ujar Raymundus Arief, Marketing Manager Scuto Indonesia, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Udara yang diembuskan AC mungkin tetap dingin, tapi tanpa kita sadari udara yang diembuskan bukan udara bersih,” katanya.

Oleh karena itu, Ray menyarankan pemilik mobil untuk membersihkan karpet dasar berbahan beludru secara rutin.

Baca juga: Minggu Pagi Ada Penyemprotan Disinfektan di Jakarta, Hindari Ruas Jalan Ini

Ilustrasi Vacuum cleaner MiniIndoneka Ilustrasi Vacuum cleaner Mini

“Karpet beludru tidak bisa sembarangan dibersihkan, kalau disikat dia bisa rusak. Caranya memang harus menggunakan vacuum cleaner atau menggunakan sapu khusus interior mobil, bisa sambil dikeluarkan dan ditepuk-tepuk agar kotoran keluar dari serat fabric,” ucap Ray.

“Selain itu penting juga untuk memberikan karpet tambahan, misal dengan karpet berbahan karet atau plastik. Tujuannya agar kotoran dari alas kaki tidak langsung mengenai karpet dasar,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com