Bisa atau Tidak Aki Mobil Mesin Bensin Dipakai di Diesel?

Kompas.com - 21/03/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi perawatan aki pada mobil personal.neacelukens.comIlustrasi perawatan aki pada mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan penggantian baterai atau aki pada mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Melainkan harus menyesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil.

Pasalnya, jika salah dalam memilih tipe aki bukan tidak mungkin komponen penyimpan energi listrik itu justru tidak bisa berfungsi optimal.

Kemungkinan terparah adalah akumulator cepat tekor dan bisa rusak karena penggunaan yang tidak semestinya.

Hal ini seperti penggantian aki mobil diesel yang menggunakan komponen penyimpan energi listrik dengan spesifikasi untuk mobil bensin.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Oli untuk Mobil Mesin Diesel dan Bensin

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menjelaskan, aki yang digunakan untuk mesin berbahan bakar solar memiliki ampere yang lebih besar dibandingkan mesin bensin.

Dengan perbedaan arus listrik tersebut, kemungkinan besar aki mobil bensin tidak bisa disubtitusikan untuk mesin diesel.

Teknik jumper aki mobil.Ghulam/Otomania Teknik jumper aki mobil.

“Untuk menyalakan mesin diesel pertama kali dibutuhkan tenaga yang lebih besar, maka baterai yang digunakan memiliki ampere lebih besar seperti 65 ampere atau di atasnya,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Sedangkan untuk mobil bensin tidak membutuhkan tenaga yang besar saat akan menyalakan mesin.

Dengan begitu, aki yang dibutuhkan pun tidak perlu memiliki arus listrik atau ampere yang sama dengan mesin diesel.

“Untuk aki mobil bensin tidak bisa digunakan untuk mobil diesel, karena amperenya lebih kecil seperti 55 ampere,” katanya.

Baca juga: Kisaran Biaya Perbaikan Mobil Mesin Diesel Salah Isi BBM

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X