Kisaran Biaya Perbaikan Mobil Mesin Diesel Salah Isi BBM

Kompas.com - 24/02/2020, 12:32 WIB
Kia Stonic dilengkapi mesin diesel 1.600 cc dengan torsi besar. indianautosblog.comKia Stonic dilengkapi mesin diesel 1.600 cc dengan torsi besar.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Mobil mesin diesel yang salah saat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) menggunakan jenis bensin, harus segera dilakukan perbaikan.

Semakin cepat perbaikan dilakukan maka potensi kerusakan parah pada komponen mesin pun bisa diminimalisir.

Dengan begitu, maka biaya yang dikeluarkan oleh pemilik mobil untuk melakukan perbaikan pun juga akan lebih kecil jika tidak ada kerusakan parah pada komponen mobil.

Service Advisor (SA) Astra Isuzu Solo, Jawa Tengah (Jateng) Haryanto menjelaskan, saat terjadi kesalahan dalam pengisian bahan bakar pada mobil mesin diesel menggunakan jenis bensin ada potensi terjadinya kerusakan.

Paling parah adalah kerusakan pada fuel injection pump (bosch pump) dan juga pada nozzle. Jika sudah parah maka mau tidak mau pemilik mobil harus melakukan penggantian dan biaya yang dibutuhkan pun juga cukup besar.

Baca juga: Cegah Mobil Diesel Masuk Angin, Jangan Pernah Habis BBM

Tergantung pada jenis injection mobil diesel yang digunakan yakni apakah menggunakan model distributor atau menggunakan commonrail.

Petugas Mengisi bahan bakar di kios Pertamina di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). Kios Pertamina ini menyediakan BBM kaleng Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas Mengisi bahan bakar di kios Pertamina di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). Kios Pertamina ini menyediakan BBM kaleng Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite.

“Biasanya kalau hanya untuk kalibrasi saja biaya yang dikeluarkan antara Rp 3 juta sampai dengan Rp 8 juta,” ujar Haryanto kepada Kompas.com, Senin (24/2/2020).

Besaran biaya ini, kata dia, tergantung dengan tingkat kerusakan yang terjadi pada komponen dan sparepart yang harus diganti. Sedangkan untuk penggantian fuel injection pump harganya jauh lebih mahal.

Haryanto mencontohkan biaya penggantian fuel injection pump ini untuk beberapa jenis mobil berkisar Rp 30 juta.

Baca juga: Ini Efek Buruk jika Mobil Mesin Diesel Masuk Angin

“Tergantung tipe mobilnya juga, kalau seperti Panther, Kuda, Kijang diesel injection pump assy kisaran Rp 30 jt an,” ucapnya.

Tetapi untuk jenis yang lebih modern seperti yang sudah menggunakan commonrail atau tanpa injection pump harganya juga akan jauh lebih mahal.

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

“Dan untuk mesin yang sudah menggunakan sistem commonrail atau tanpa injection pump, komponen dan harganya pun akan lebih mahal daripada yang masih konvensional,” ujarnya.

Harga yang berbeda juga berlaku untuk komponen injection pump pada jenis angkutan seperti truk. Harganya dari setiap tipenya berbeda-beda.

“Untuk truk banyak lagi variannya, truk kategori kecil, kategori menengah dan heavy weight juga akan berbeda-beda,” kata Haryanto.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X