Modifikasi Motor Karburator Jadi Injeksi Butuh Waktu Lama

Kompas.com - 19/03/2020, 06:32 WIB
Suzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodifikasi menjadi injeksi istimewaSuzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodifikasi menjadi injeksi
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Memodifikasi sepeda motor yang masih menggunakan sistem pengabutan karburator, menjadi injeksi membutuhkan waktu tidak sebentar.

Pencarian perangkat set injeksi hingga perakitan motor membutuhkan waktu hingga 1,5 bulan, bahkan bisa lebih.

Mengubah motor karburator menjadi injeksi yang tidak bisa langsung pasang atau plug and play (PNP), membuat mekanik harus melakukan banyak penyesuaian.

Penghitungan yang detail dan tidak boleh salah menjadi bagian yang memakan waktu cukup lama. Belum lagi, harus membuat dudukan baru untuk menyesuaikan sistem injeksi yang akan digunakan.

Baca juga: Modifikasi Suzuki Skywave, dari Karburator Jadi Injeksi

Banyaknya ubahan inilah yang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Pemilik bengkel Tanjung Motor ( TMR), Djoko Prayitno mengatakan, untuk mengubah karburator menjadi injeksi dibutuhkan waktu antara tiga sampai lima pekan.

suzuki skywave milik yosef ari setyawan yang dimodif menjadi injeksiistimewa suzuki skywave milik yosef ari setyawan yang dimodif menjadi injeksi

“Waktu itu tergantung juga antrean yang ada di bengkel juga,” kata pria yang akrab disapa Yitno kepada Kompas.com belum lama ini.

Hal pertama yang harus dilakukan, yakni membongkar total motor yang akan dimodifikasi. Termasuk mencopot sistem pengapian, kabel bodi, dan perangkat pengabut bahan bakar atau karburatornya.

Selain itu, juga perlu dilakukan penyesuaian magnet dan penyetelan timing pengapian motor agar sesuai dengan sistem pengapian baru yakni injeksi.

Baca juga: Modifikasi Skywave Karbu Jadi Injeksi Butuh Dana Jutaan Rupiah

Yitno mengatakan, mengubah motor karburator menjadi injeksi mau tidak mau harus melakukan banyak ubahan pada motor.

Mulai pembuatan dudukan fuel pump pada tangki motor, serta pembuatan dudukan baru untuk sensor-sensor injeksi motor.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X