Mobil Patwal Lakukan Tune Up, Ini Kata Polisi

Kompas.com - 18/03/2020, 12:01 WIB
Mobil polisi Mazda6 yang sedang tune up di Elika Automotive Performance Elika Automotive PerformanceMobil polisi Mazda6 yang sedang tune up di Elika Automotive Performance

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil sedan sebagai kendaraan dinas polisi banyak digunakan oleh Patroli Jalan Raya dari Korps Lalu Lintas ( Korlantas) Polri.

Salah satu alasan sedan dipilih sebagai mobil dinas patroli dan pengawalan ( Patwal) karena performanya.

Mazda6 Skyactiv-G 2.5L juga jadi salah satu mobil Patwal yang punya mesin dengan performa tinggi. Spesifikasi standar mobil ini sudah cukup bertenaga.

Baca juga: Toyota Fortuner Jadi Mobil Polisi, Siap Dikirim ke Bahrain

Beberapa waktu lalu, salah satu Mazda6 yang digunakan polisi juga melakukan tune up di bengkel Elika Automotive Performance di bilangan Sunter, Jakarta Utara.

Tak hanya sekadar melakukan perawatan, tapi tenaganya juga meningkat setelah dilakukan remap pada ECU-nya.

Mobil polisi Mazda6 yang sedang tune up di Elika Automotive PerformanceElika Automotive Performance Mobil polisi Mazda6 yang sedang tune up di Elika Automotive Performance

Kasubitwal PJR Korlantas Polri, Kombes Pol Bambang Sentot Widodo, mengatakan, standar di kepolisian tidak sampai ke peningkatan performa. Mobil yang digunakan hanya spesifikasi standar.

Baca juga: Glory 580 Jadi Mobil Polisi di Sulawesi Tengah

"Kalau tune up itu kan sifatnya untuk mengembalikan performa kendaraan seperti semula. Tapi, kalau sampai dyno test, sebenarnya kami tidak perlu itu," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Bambang menambahkan, kapasitas polisi hanya sebatas melakukan pemeliharaan dan perawatan, seperti penggantian oli, busi, ban, cat ulang, dan lainnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X