Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Skywave Karbu Jadi Injeksi Butuh Dana Jutaan Rupiah

Kompas.com - 18/03/2020, 09:32 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Mengubah pengapian sepeda motor dan sistem pengabut bahan bakar dari karburator menjadi injeksi, tidaklah mudah. Tak setiap bengkel mampu melakukan ubahan di jantung motor tersebut.

Pengubahan sistem ini memerlukan perhitungan yang cukup detail dan teliti. Jika salah dalam melakukan perhitungan, maka akan membuat pengubahan sistem utama motor ini juga tidak bisa berjalan dengan sempurna.

Selain itu, untuk modifikasi sistem pengapian ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pemilik Suzuki Skywave yang dimodifikasi menjadi motor injeksi, Yosef Ari Setyawan (30) mengatakan, setidaknya perlu dana setara harga motornya.

“Skywave saya beli bekas dengan harga Rp 6 juta, lalu saya ubah menjadi injeksi dengan dana lebih kurang Rp 7 juta,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Alasan Scorpio 2002 Banyak Diburu dan Harganya Paling Mahal

Suzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodifikasi menjadi injeksiistimewa Suzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodifikasi menjadi injeksi

Biaya tersebut digunakan untuk membeli satu set pengapian injeksi Yamaha X-Ride. Selain itu juga untuk melakukan ubahan pada bagian lain termasuk juga untuk menaikkan kapasitas mesinnya.

“Dari sebelumnya kapasitas mesin standar hanya 125 cc saya naikkan menjadi 145 cc dan menggunakan piston miliknya Suzuki Thunder 125,” ucapnya.

Dengan penggantian sistem pengapian ini, Ari melanjutkan, tentunya pengapian standar milik Skywave termasuk pengabut bahan bakar karburator harus dilengserkan.

Bagian tersisa hanga mesin saja, sedangkan untuk injeksi dan seperangkatnya sudah menggunakan bawaan dari X-Ride.

“Semuanya diganti, kabel-kabel, sistem pengapian dan penyesuaian lainnya,” katanya.

Ari mengatakan, biaya tersebut sesuai dengan hasil yang didapatkannya. Selama ini permasalahan yang sering ditemui pada mesin Skywave standar adalah karburator.

Baca juga: Apa Benar Onderdil Yamaha Scorpio Terkenal Mahal?

suzuki skywave milik yosef ari setyawan yang dimodif menjadi injeksiistimewa suzuki skywave milik yosef ari setyawan yang dimodif menjadi injeksi

“Setelah diubah menjadi injeksi jelas tidak ada masalah lagi, kan selama ini karburatornya sering error. Selain itu tarikan menjadi lebih enak, bahan bakar tentunya juga lebih irit,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com