Modifikasi Suzuki Skywave, dari Karburator Jadi Injeksi

Kompas.com - 18/03/2020, 09:12 WIB
suzuki skywave milik yosef ari setyawan yang dimodif menjadi injeksi istimewasuzuki skywave milik yosef ari setyawan yang dimodif menjadi injeksi
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Melakukan modifikasi merupakan hal wajib yang dilakukan para pencinta kuda besi, untuk menghadirkan tampilan sepeda motor sesuai keinginan.

Biasanya modif hanya berkutat pada perombakan bodi, kelistrikan dan juga bagian mesinnya.

Tetapi, bagaimana jika modifikasi juga dilakukan dengan mengubah sistem kerja mesin dari bahan bakar karburator menjadi injeksi.

Inilah yang dilakukan oleh seorang warga Solo, Jawa Tengah, Yosef Ari Setyawan. Pria 30 yang tinggal di Mojosongo, Jebres itu mengubah tunggannya Suzuki Skywave menjadi motor injeksi.

Baca juga: Restorasi Yamaha 125Z Habiskan Lebih dari Rp 50 juta

Memang terdengar tidak masuk akal jika motor karburator diubah menjadi injeksi. Tetapi, hal itulah yang dilakukan Ari terhadap motor lansiran 2008 berkelir hitam itu.

Suzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodifikasi menjadi injeksiistimewa Suzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodifikasi menjadi injeksi

Ari mengatakan, selama ini dirinya cukup fanatik dengan pabrikan Suzuki. Hanya saja, dirinya sudah lama menunggu hadirnya matik bongsor tetapi belum juga hadir di Indonesia.

“Kalau saya memang sukanya pada pabrikan Suzuki, dan sudah lama menunggu kehadiran matik bongsor dari Suzuki tetapi tidak juga hadir,” ucapnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Maka dari itu, dirinya pun nekat memodifikasi matik dengan dual shock belakang miliknya menjadi motor injeksi.

Untuk mengubahnya, tidak mudah dan sembarangan bengkel bisa melakukannya.

Hal ini dikarenakan harus melakuan perubahan total dan penghitungan pengapian menyesuaikan dengan injeksi yang digunakan. 

Baca juga: Langka, Harga Striping Yamaha 125Z Bisa Tembus Rp 10 Juta

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X