Jalur Transjakarta Kosong, Polisi Ingatkan Tetap Ditilang

Kompas.com - 16/03/2020, 16:33 WIB
Bus transjakarta melenggang di antara kemacetan di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Lembaga Pemantau Kemacetan Lalu Lintas TomTom memastikan Jakarta ada di posisi ke-10 kota termacet di dunia pada 2019 dengan indeks kemacetan 10 persen. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGBus transjakarta melenggang di antara kemacetan di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Lembaga Pemantau Kemacetan Lalu Lintas TomTom memastikan Jakarta ada di posisi ke-10 kota termacet di dunia pada 2019 dengan indeks kemacetan 10 persen.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengingatkan bahwa penindakkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE) tetap berkerja optimal di tengah penyesuaian pola berkendara atas ancaman virus corona.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP mengatakan, pembebasan tilang hanya dilakukan untuk aturan ganjil genap. Sementara sisanya, tetap diberlakukan.

"ETLE tetap berkerja secara maksimal, hanya saja untuk penindakan ganjil-genap ditiadakan," katanya kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Baca juga: Cegah Corona, Mulai Hari Ini Jakarta Bebas Ganjil Genap

 

Ilustrasi mengenakan maskershutterstock Ilustrasi mengenakan masker

Oleh sebab itu, pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman atau helm, pelanggar marka jalan, menggunakan lajur Transjakarta, serta melanggar rambu lalu lintas tetap ditindak.

"Benar, tetap dilakukan penindakkan," jelas Fahri.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo menyatakan bahwa mulai Senin (16/3/2020) hingga 30 Maret 2020 operasional bus transjakarta akan dibatasi.

"Lebih lengkap, layanan Transjakarta hingga 30 Maret 2020 hanya beroperasi di 13 rute dengan headway 20 menit dengan waktu operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Ini berarti seluruh layanan non koridor (Non BRT), Royaltrans dan Mikrotrans ditiadakan," katanya, Minggu (15/3/2020).

Baca juga: Soal Virus Corona, Pertamina Klaim Layanan SPBU dan Stok BBM Aman

Ilustrasi tilang pada pelanggar lalu lintas pengguna mobil di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara yang, Selasa (10/9/2019)KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI Ilustrasi tilang pada pelanggar lalu lintas pengguna mobil di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara yang, Selasa (10/9/2019)
 

Kemudian, dalam kurun waktu tersebut, perusahaan juga memberhentikan sementara layanan AMARI (Angkutan Malam Hari).

Selain itu, untuk di halte akan diberikan marka, sehingga penumpang akan berdiri dengan jarak yang sudah diatur. Di dalam bus pun juga sama, Transjakarta akan mengatur jarak duduk sehingga bisa meminimalisasi interaksi antar penumpang.

"Transjakarta juga akan menerapkan pembatasan jumlah pelanggan pada halte dan mengharapkan kesabaran pelanggan untuk ikut dalam tata tertib yang telah diberlakukan," ujar Nadia.

Baca juga: 6 Imbauan BOPI Terkait Pandemi Virus Corona

 

Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).

Berikut daftar 13 rute transjakarta yang beroperasi pada 16-30 Maret 2020:

1. BLOK M - KOTA
2. PULO GADUNG 1 - HARMONI
3. KALIDERES - PASAR BARU
4. PULO GADUNG 2 - TOSARI
5. KAMPUNG MELAYU - ANCOL
6. RAGUNAN - HALIMUN
7. KAMPUNG RAMBUTAN - KAMPUNG MELAYU
8. LEBAK BULUS – HARMONI
9. PINANG RANTI - PLUIT
10. PGC 2 - TANJUNG PRIOK
11. KAMPUNG MELAYU - PULO GEBANG
12. PENJARINGAN - SUNTER BOULEVARD BARAT
13. 13A PURI BETA - BLOK M



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X