Imbas Virus Corona, Beberapa Karyawan Pabrik Toyota Indonesia Diliburkan

Kompas.com - 15/03/2020, 10:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak 31 Desember 2019, virus corona atau COVID-19 telah mendapat perhatian khusus dan ditetapkan sebagai wabah berbahaya oleh World Health Organization (WHO).

Sampai hari ini, virus corona telah menyebar ke lima benua dan telah mengganggu beragam aspek dalam kehidupan.

Dari sektor bisnis dan industri, sejumlah manufaktur sampai membatasi hingga menutup beberapa pabrik di China untuk mengurangi penyebaran virus.

Sebagian kantor di Jabodetabek pun mulai mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Lantas bagaimana dengan perusahaan otomotif?

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Kena Dampak Penyebaran Virus Corona

Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.Nikkei Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.

Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan, perusahaan telah merumahkan beberapa orang terkait penyebaran virus corona.

Meski begitu, menurutnya hingga kini kantor-kantor TMMIN dan aktivitas di sejumlah fasilitas produksi milik Toyota masih berjalan.

“Belum diliburkan, kami baru meliburkan mereka yang rentan seperti yang sudah punya riwayat diabetes, penyakit paru-paru, dan sebagainya,” ucap Bob, kepada Kompas.com (15/3/2020).

Baca juga: Mengenal Yamaha F1ZR, Bebek 2-tak Nostalgia 90an

Pabrik TMMIN I di Karawang, Jawa Barat, yang memproduksi Toyota Fortuner dan Innova.TMMIN Pabrik TMMIN I di Karawang, Jawa Barat, yang memproduksi Toyota Fortuner dan Innova.

Di samping itu, Bob mengatakan pihaknya juga berusaha mengurangi kontak dengan warna negara asing yang baru datang dari luar negeri.

“Mengurangi tamu hanya yang urgent saja, perjalanan dinas luar negeri juga sudah dilarang,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.