Ini Mobil Klasik Bekas yang Sudah Langka tapi Masih Dicari

Kompas.com - 12/03/2020, 13:12 WIB
Ilustrasi Corolla DX GridOto.comIlustrasi Corolla DX
|

JAKARTA, KOMPAS.comMobil lawas bergaya retro memang punya kelebihan tersendiri di mata penggemarnya. Tak heran, mobil-mobil ini masih terus dirawat dan dijaga sampai sekarang, meski unitnya terbilang langka.

Helmie Sarosa, pemilik Kedai Built Up showroom mobil lawas di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, mobil retro punya penggemar yang bertahan di pasaran. Hal ini membuat permintaan akan mobil bekas jenis ini cukup banyak.

Padahal unit yang tersedia tidak seberapa, paling hanya hitungan jari saja. Kondisi ini turut mendongkrak harga bekas mobil retro.

Baca juga: Belum Satu Bulan, Penjualan SUV Murah Suzuki XL7 Tembus Target

Toyota Land Cruiser Hardtop milik salah seorang warga Ngadisari, salah satu desa yang berada di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo.Kompas.com/Alsadad Rudi Toyota Land Cruiser Hardtop milik salah seorang warga Ngadisari, salah satu desa yang berada di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo.

“Untuk mobil lawas memang unik, bahannya saja mungkin bisa didapat di kisaran Rp 50 jutaan sampai Rp 100 jutaan tergantung kondisi,” ucap Helmie, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Tapi saat merestorasinya tidak ada batasan, bisa sampai ratusan juta rupiah sendiri, makanya harga jualnya juga enggak ada patokan pasti,” katanya.

Di antara sekian banyak, ternyata ada model-model yang banyak diincar. Namun kendalanya lagi-lagi soal keterbatasan unit, sehingga harga mobil lawas ini bisa meningkat drastis.

Baca juga: Motor Custom Buatan Indonesia Pamer Diri di Amerika Serikat

BMW E30 Alpina, lebih langka ketimbang E30 M3.Carscoops BMW E30 Alpina, lebih langka ketimbang E30 M3.

“Corolla DX KE70 cukup stabil peminatnya, dari orang tua sampai anak muda lumayan banyak. Itu tahun 80-83, kalau yang rapi eksterior dan interiornya bisa sampai Rp 100 jutaan ke atas,” ujar Helmie.

Selain itu, Toyota Land Cruiser FJ40 atau Hardtop menurutnya juga masuk dalam kategori ini. Bayangkan saja untuk mobil yang keluar sekitar 1970-an sampai 1980-an ini harganya masih di kisaran Rp 200 jutaan sampai Rp 300 jutaan.

“Kemudian juga BMW E30 itu sekarang mulai banyak yang incar. Itu juga sama kalau kondisinya rapi, komponen orisinal semua, apalagi kilometer rendah bisa di atas Rp 100 jutaan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.