Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab dan Efek Tangki BBM Motor Berkarat

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap tangki sepeda motor punya batas sendiri sampai akhirnya timbul karat. Meski demikian, ada beberapa faktor yang menyebabkan tangki lebih cepat berkarat dari batas normalnya.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Bogor, mengatakan, bagian dalam tangki berkarat karena penggunaan bahan bakar yang kurang bagus dan bensin terlalu lama diam di dalam tangki.

"Bisa juga diakibatkan jarangnya pengisian bahan bakar secara full tank. Karena jika ada ruang kosong di dalam tanki bahan bakar bisa menguap dan menimbulkan embun yang berakibat timbulnya karat di tangki," kata Asep kepada Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

Herman panggilannya, timbulnya karat di bagian dalam tangki secara bertahap dan tidak langsung. Biasanya karat tersebut akan timbul beberapa tahun ke depan.

"Biasanya jika motor jarang digunakan atau motor tidak digunakan sama sekali biasanya satu tahun kemudian karat itu akan timbul," katanya.

Jika bagian dalam tangki berkarat maka akan merugikan. Beberapa hal yang bisa terjadi ialah tangki jadi bocor karena proses korosi, hal ini kerap terjadi di motor sport atau batangan berusia tua.

"Karat akan menimbulkan kebocoran tangki bahan bakar dan akan adanya penyumbatan di bagian saluran bahan bakar, sehingga saluran bahan bakar tidak lancar," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/11/124200715/penyebab-dan-efek-tangki-bbm-motor-berkarat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke