Kompas.com - 11/03/2020, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki berhasil membuat Satria tetap eksis sejak 1997 hingga sekarang. Motor bebek underbone ini sudah dipasarkan sejak era mesin 2-tak. Sekarang, tren 2-tak mulai populer kembali.

Maka itu, Satria 2-tak pun mulai menjadi incaran para kolektor. Satria 2-tak sendiri adalah Satria yang dipasarkan mulai 1997 sampai 2003, antara lain Satria 120S, RU 120R (Satria Lumba-lumba), dan Satria 120 LSCM (Satria Hiu).

Baca juga: Suzuki Satria, yang Pernah Jadi Obat Ganteng Anak Gaul

Andi Panser, dari bengkel Blue tech yang sering merestorasi Satria 2-tak, mengatakan, paling banyak diburu kolektor adalah Satria Lumba-lumba dan Satria Hiu. Namun, ada juga kolektor yang mencari model yang lebih tua.

Suzuki Satria 2-takAndi Panser/Blue Tech Suzuki Satria 2-tak

"Satria keluaran tahun 1997, khusus double starter. Hanya kolektor saja yang suka itu, apalagi kondisinya istimewa atau orisinil," ujar Andi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Andi menyebutkan, pasarannya sekarang ada di kisaran Rp 5 jutaan sampai Rp 8 jutaan. Tapi, ada juga yang pernah terjual hingga puluhan juta rupiah.

Baca juga: Pilihan Motor Bekas 2-Tak, dari Satria Hiu Sampai Ninja RR

"Teman saya pernah jual harganya tembus Rp 42 juta. Namun, kondisinya bisa dibilang hampir 90 persen orisinil," kata Andi.

Satria 120S adalah motor bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin tegak. Motor ini dibekali mesin berkapasitas 120 cc, 2-tak, yang mampu menghasilkan tenaga 13,5 tk di putaran 8.000 rpm. Mesinnya menggunakan 5-percepatan semi-otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.