Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Berjualan, Gaikindo Sebut MG Bakal Manfaatkan Pabrik Wuling

Kompas.com - 07/03/2020, 09:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut Morris Garage (MG) sudah siap mencoba peruntungannya di pasar otomotif nasional dalam waktu dekat.

Kini, merek mobil legendaris asal Inggris berbendera China tersebut tengah mendaftarkan diri ke asosiasi. Hanya saja sebagian besar produknya masih berstatus completely built up (CBU) atau impor secara utuh.

"MG saat ini sedang proses pendaftaran ke Gaikindo, seharusnya sudah selesai dalam waktu dekat. Mereka bisa mulai berjualan di Maret 2020. Setahu saya, awalnya CBU dulu," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di sela-sela ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (Giicomvec) 2020, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Baca juga: Toyota Pantau Kehadiran Pendatang Baru MG Motor di Indonesia

MG ZS jadi SUV pertama yang bakal diluncurkan MG IndonesiaKOMPAS.com/Dio MG ZS jadi SUV pertama yang bakal diluncurkan MG Indonesia

Menariknya, Nangoi juga mengungkapkan bahwa MG di Indonesia bakal di bawah naungan Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC), bersama Wuling Indonesia.

Oleh sebab itu, besar kemungkinan nantinya MG akan berkerja sama dengan Wuling untuk bertanding di tanah air.

"Rasanya ada, karena mereka memiliki kerja sama (termasuk dalam hal produksi)," ujar dia.

Baca juga: MG Mau Bawa Kembaran Wuling Almaz ke Indonesia

Pekerja melakukan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja melakukan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun.

Pada kesempatan terpisah, Managing Director MG Motor Indonesia Figo Lee, menyatakan bahwa pihaknya bakal serius bermain di pasar otomotif Indonesia. Mengingat, adanya pasar yang potensial.

Namun, ia masih enggan mengatakan secara pasti akan memanfaatkan saudaranya, Wuling Motors, untuk bisa melakukan produksi lokal.

"Kami optimis bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial. Kami sudah melakukan riset konsumen Indonesia, kami akan berusaha penuhi yang sedang dibutuhkan pasar," katanya pada pertemuan terbatas di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Adapun produk yang melakoni debut di tanah air adalah sport utility vehicle (SUV) ZS. Mobil dibawa secara utuh dari Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com