Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelumas Khusus buat Truk Peminum Solar B30

Kompas.com - 05/03/2020, 18:33 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelumas asal Indonesia, Panaoil, mendukung kebijakan program pemerintah dengan merilis pelumas khusus mesin diesel penenggak Biosolar atau B30 ke atas sampai B100.

Pelumas dengan nama Cruiser Advance Plus itu memiliki spesifikasi kekentalan 15W-40, diklaim dapat memaksimalkan kinerja mesin meski memakai bahan bakar dengan kandungan biosolar tinggi.

Baca juga: Menperin Pastikan Indonesia Bersih dari Impor Truk Bekas, Kecuali...

PanaoilKOMPAS.com/Gilang Panaoil

Effendy Liemuel, Direktur Eksekutif PT Pana Oil Indonesia, mengatakan, keunggulan pelumas ini ialah mengatasi masalah yang ditimbulkan dari pemakaian Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dalam bahan bakar biofuel.

"Formulanya sanggup mengontrol tingkat keasaman dan sludge yang ditimbulkan dari bahan bakar biodiesel saat mesin beroperasi sehingga menjaga performa mesin," kata Effendy di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Effendy mengatakan, pengembangan pelumas Cruiser Advance Plus sudah dilakukan sejak 2015. Proses produksinya dilakukan di unit riset internal perusahaan yang berlokasi di Cilegon, Banten.

Baca juga: Ketika Truk Listrik Mitsubishi Pamer Teknologi

PanaoilKOMPAS.com/Gilang Panaoil

"Kami memiliki unit riset internal yang mampu membuat formulasi pelumas terkini secara mandiri. Pengalaman kami menghasilkan tak kurang dari 90 varian produk," katanya.

Bertepatan dengan GIICOMVEC 2020, oli mesin itu kini hadir dengan bermacam varian kemasan (IBC, Drum, Pail, dan Gallon), adapun kemasan yang lebih ekonomis yaitu ukuran 5 liter/galon).

"Kemasan ini diharapkan akan semakin memudahkan konsumen dalam memakai produk pelumas kami terutama pemilik armada yang jumlah tidak besar dengan harga kompetitif," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com