Chopper dengan Girder Tunggal ala Vespa

Kompas.com - 27/02/2020, 09:22 WIB
Protechnic Moto Foto: Protechnic MotoProtechnic Moto

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat chopper bukan sesuatu yang baru buat Protechnic Motor. Bengkel kustom asal asal Rempoa, Tangerang Selatan, ini telah lama menghasilkan motor-motor chopper yang mengundang decak kagum para penikmat kustom.

Untuk itu proses penggalian ide harus terus diasah agar tidak terjebak pada satu pola. Seperti pada motor barunya ini yang berusaha menampilkan motor manis dengan banyak detail tapi tak terkesan motor pajangan.

Baca juga: Beda Istilah Modifikasi dan Kustom

Protechnic MotoFoto: Protechnic Moto Protechnic Moto

"Saya bikin tahun kemarin. Bertemu sama yang punya minta dibikinkan chopper, dia kasih semua konsep segala macem diserahkan ke saya," kata Ari Suprianto, punggawa Protechnic, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pria yang juga gemar koleksi bebek jadul 2-tak ini, mengatakan, pengerjaan paling sulit ialah detail. Sebab konsep bagus tanpa detail yang rapih tidak akan menghasilkan karya yang maksimal.

"Kalau yang mengerti motor detailnya itu memang sulit dibikin, seperti sasis, cat juga lumayan, bentuknya juga menurut saya unik jarang yang bikin seperti itu," katanya.

Baca juga: Fitur Motor Listrik Cafe Racer BF Goodrich BF-CG

Protechnic MotoFoto: Protechnic Moto Protechnic Moto

Salah satu bagian yang cukup rumit yaitu pembuatan sasis serta girder depan tunggal hanya sebelah kiri saja alias mono arm. Adapun bagian kanannya jadi tempat pegangan kaliper rem yang mencepit cakram ekstra besar.

Untuk itu Ari tidak mau tanggung, hampir semuanya custom made dibikin sendiri. Hanya cat motor diserahkan ke ahlinya, Danny Hacka dari Hacka Pinstriping di Solo, Jawa Tengah, dan pelek yang pesan dari orang lain.

"Catnya susah detail. Kalau pelek saya minta bikinkan ke orang. Bisa dibilang motor bagus karena memang pakai barang-barang bagus," katanya.

Spesifikasi:

Mesin: H-D
Sasis: Custom
Girder: Custom
Tangki: Custom
Fender: Custom
Jok: Custom
Lampu: Aftermarket



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X