Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chopper dengan Girder Tunggal ala Vespa

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat chopper bukan sesuatu yang baru buat Protechnic Motor. Bengkel kustom asal asal Rempoa, Tangerang Selatan, ini telah lama menghasilkan motor-motor chopper yang mengundang decak kagum para penikmat kustom.

Untuk itu proses penggalian ide harus terus diasah agar tidak terjebak pada satu pola. Seperti pada motor barunya ini yang berusaha menampilkan motor manis dengan banyak detail tapi tak terkesan motor pajangan.

"Saya bikin tahun kemarin. Bertemu sama yang punya minta dibikinkan chopper, dia kasih semua konsep segala macem diserahkan ke saya," kata Ari Suprianto, punggawa Protechnic, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pria yang juga gemar koleksi bebek jadul 2-tak ini, mengatakan, pengerjaan paling sulit ialah detail. Sebab konsep bagus tanpa detail yang rapih tidak akan menghasilkan karya yang maksimal.

"Kalau yang mengerti motor detailnya itu memang sulit dibikin, seperti sasis, cat juga lumayan, bentuknya juga menurut saya unik jarang yang bikin seperti itu," katanya.

Salah satu bagian yang cukup rumit yaitu pembuatan sasis serta girder depan tunggal hanya sebelah kiri saja alias mono arm. Adapun bagian kanannya jadi tempat pegangan kaliper rem yang mencepit cakram ekstra besar.

Untuk itu Ari tidak mau tanggung, hampir semuanya custom made dibikin sendiri. Hanya cat motor diserahkan ke ahlinya, Danny Hacka dari Hacka Pinstriping di Solo, Jawa Tengah, dan pelek yang pesan dari orang lain.

"Catnya susah detail. Kalau pelek saya minta bikinkan ke orang. Bisa dibilang motor bagus karena memang pakai barang-barang bagus," katanya.

Spesifikasi:

Mesin: H-D
Sasis: Custom
Girder: Custom
Tangki: Custom
Fender: Custom
Jok: Custom
Lampu: Aftermarket

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/27/092200015/chopper-dengan-girder-tunggal-ala-vespa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke