[POPULER OTOMOTIF] Syarat Bikin Smart SIM | SUV Baru Toyota Berbasis Yaris

Kompas.com - 20/02/2020, 06:02 WIB
Smart SIM KOMPAS.com/GilangSmart SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi mengenai surat izin mengemudi ( SIM) masih menjadi daya tarik buat masyarakat. Kali ini yang banyak dibaca soal syarat dan ketentuan membuat Smart SIM.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi soal Toyota sedang menyiapkan Sport Utility Vehicle (SUV) baru berbasis Yaris di pameran Genera Motor Show 2020.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Rabu 19 Februari 2020:

Suzuki Ertiga Sport di Cirebon, Jawa Barat Suzuki Ertiga Sport di Cirebon, Jawa Barat

 

1. Baca juga: Tren Minibus Turun, Peminat Suzuki APV Banyak Beralih ke Ertiga

Meski sama-sama bermain di segmen MPV tujuh penumpang, Suzuki Ertiga dan APV disebut berada di ceruk pasar yang berbeda. Hal ini yang membuat PT Suzuki Indmobil Sales (SIS) masih menjual kedua mobil tersebut secara bersamaan.

Donny Ismi Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan jika Ertiga dirancang sebagai kendaraan penumpang murni yang bermain di segmen Low MPV.

Sementara APV disebutnya sebagai kendaraan serba guna yang masuk di segmen minibus atau minivan, makanya mobil ini menyediakan varian blind van dan passenger car.

Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan telah menerbitkan Smart SIM, Selasa (8/10/2019). Berbeda dari sebelumya, untuk SIM pintar memiliki berbagai fungsi, salah satunya dapat transaksi tol. Dokumentasi Satpas Cilenggang Polres Tangsel Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan telah menerbitkan Smart SIM, Selasa (8/10/2019). Berbeda dari sebelumya, untuk SIM pintar memiliki berbagai fungsi, salah satunya dapat transaksi tol.

2. Catat, Ini Syarat dan Ketentuan Bikin Smart SIM

Smart Surat Izin Mengemudi ( SIM) terbagi dalam beberapa golongan, yakni SIM A, B1, B2, C, dan D. Jenisnya pun ada dua, yaitu SIM untuk perorangan dan umum.

Buat pemohon baru SIM A, C, dan D, minimal harus berusia 17 tahun. Adapun untuk pemohon SIM B1 minimal berusia 20 tahun, dan 21 tahun untuk SIM B2.

Untuk pemohon SIM baru, syarat yang harus dipenuhi untuk membuat SIM yakni memenuhi persyaratan usia, administratif, kesehatan, dan lulus ujian.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Ketentuan Bikin Smart SIM

Calon SUV Baru Berbasis Toyota Yarisautoexpress.co.uk Calon SUV Baru Berbasis Toyota Yaris

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X