Ini yang Menyebabkan Fitur Anti Embun di Mobil Bisa Rusak

Kompas.com - 18/02/2020, 13:22 WIB
Defogger kaca belakang biasanya sudah jadi fitur standar di mobil yourmechanic.comDefogger kaca belakang biasanya sudah jadi fitur standar di mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Kasus kerusakan pada komponen anti embun atau defogger memang sangat jarang terjadi. Meski begitu, bukan tidak mungkin defogger pada mobil bisa mengalami kerusakan.

Apabila defogger sudah rusak total, maka penangannya adalah dengan mengganti satu set kaca belakang mobil. Untuk penggantian tersebut tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu, keberadaan defogger pada mobil sebaiknya dijaga agar tetap berfungsi optimal. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga defogger.

Jangan menyalakan terus-menerus

Fungsi DefoggerStanly/Otomania Fungsi Defogger

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, defogger mempunyai fungsi untuk menghilangkan embun yang menempel pada kaca mobil bagian dalam. Cara kerjanya adalah memanaskan filamen yang menempel pada kaca belakang.

Setelah panas maka embun yang menempel akan menguap. Dengan begitu, kaca yang semula tertutup oleh embun bisa kembali terlihat.

Baca juga: Penting Saat Musim Hujan, Begini Cara Aman Pakai Defogger

“Menyalakan defogger ini hanya saat tertentu saja, jangan terus menyalakannya. Kalau embun sudah hilang sebaiknya defogger langsung dimatikan,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Pasalnya, jika defogger terus menyala dalam waktu yang lama bisa saja menyebabkan terjadinya kerusakan.

Berhati-hati membersihkannya

Ilustrasi membersihkan kaca berminyakautopro.com.vn Ilustrasi membersihkan kaca berminyak

Membersihkan kaca mobil memang diperlukan, terutama jika kaca mobil dalam kondisi kotor. Pada kondisi tersebut jelas akan mengganggu visibilitas pengemudi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X