Fungsi Defogger di Mobil, Menghilangkan Embun pada Bagian Kaca

Kompas.com - 18/02/2020, 12:32 WIB
Defogger kaca belakang biasanya sudah jadi fitur standar di mobil yourmechanic.comDefogger kaca belakang biasanya sudah jadi fitur standar di mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Defogger atau antiembun pada mobil mempunyai fungsi yang cukup penting untuk menghilangkan embun.

Melalui perangkat ini, pemilik mobil tidak perlu repot membersihkan embun yang menempel pada kaca bagian dalam mobil, terutama ketika turun hujan.

Melainkan cukup menyalakan defogger maka embun akan menguap karena adanya panas yang dihasilkan oleh perangkat pemanas itu.

Embun ini biasanya muncul pada kaca bagian dalam karena adanya perbedaan suhu antara di dalam kabin dan di luar. Keberadaan embun ini tentunya cukup mengganggu visibilitas pengemudi terutama di bagian belakang.

Baca juga: Penting Saat Musim Hujan, Begini Cara Aman Pakai Defogger

Maka dari itu, keberadaan embun harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Defogger kaca belakang efektif menghalau embun saat hujan     knowhow.napaonline.com Defogger kaca belakang efektif menghalau embun saat hujan

Defogger ini biasanya dipasang di kaca bagian belakang. Bentuknya berupa garis-garis horizontal.

Defogger merupakan kawat tipis yang berfungsi sebagai kondensator panas sehingga suhu kaca terjaga dan embun tidak terbentuk akibat perbedaan suhu antara dalam kabin dan di luar.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, fungsi utama adanya defogger adalah untuk menghilangkan embun.

"Defogger hanya berfungsi sebagai penghangat kaca untuk menghilangkan embun, tetapi tidak bisa membersihkan kotoran. Maka keberadaan wiper di kaca belakang masih dibutuhkan," kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Persiapan Musim Hujan, Perhatikan Cara Merawat Defogger Mobil

Didi mengatakan, defogger ini dihidupkan saat masih ada embun saja. Tetapi, setelah embun sudah bersih dan visibilitas pengemudi tidak terganggu sebaiknya defogger langsung dimatikan.

Untuk mematikan defogger pengemudi bisa menekan tombol yang bergambar garis tiga bergelombang.

“Kalau untuk mengantisipasi munculnya embun karena perbedaan suhu sebaiknya AC terus dinyalakan,” ucapnya.

Selain di kaca bagian belakang, Didi menambahkan, untuk mobil-mobil premium terbaru defogger juga dipasang pada kaca spion.

“Defogger ini filamennya dipasang di sekeliling kaca spion,” kata Didi.

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X