Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Detail Pemain Baru SUV Murah Suzuki XL7

Kompas.com - 15/02/2020, 10:56 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lama menjadi bahan perbincangan, akhirnya XL7 resmi diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), di Taman Mini, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Seperti yang telah diberitakan, mobil ini datang dengan membawa DNA sport utility vehicle (SUV).

Menggunakan platform HEARTECT yang sama dengan Suzuki Ignis, Baleno Hatchback, dan Ertiga, SUV murah ini bakal meramaikan pasar LSUV. Segmen ini memang banyak penghuni model lain yang juga berbagi platfrom juga, seperti Toyota Rush dengan Avanza, Daihatsu Terios (Xenia), serta Honda BR-V (Mobilio dan Brio).

Lantas apa saja modal Suzuki untuk berkompetisi di segmen tersebut. Sebelumnya 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra, sudah menjelaskan bila pengembangan XL7 dilakukan dengan tiga konsep yang berbeda dengan Ertiga.

Baca juga: Selain XL7, Suzuki Punya SUV Baru untuk Indonesia

"Tampilan eksterior lebih berotot, kenyamanan, serta punya advance feature. Jadi tiga konsep ini yang menjadi poin dalam mengembangkan XL7 dan membuat beda dengan Ertiga, total ada lebih 200 item part yang beda," kata Donny beberapa waktu lalu.

Eksterior

Melihat tampilan XL7, sekilas memang masih ada kesan Ertiga, tapi kalau dijabarkan satu per satu, cukup banyak perbedaannya. Mulai dari desain yang lebih kotak pada tampilan depan, sampai urusan dimensinya.

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

XL7 memiliki dimensi panjang 4.450 mm atau lebih panjang 55 mm dari Ertiga, lebarnya 1.775 atau 40 mm lebih lebar dari Ertiga yang hanya 1.735, Sementara tingginya mencapai 1.710 mm, atau 20 mm lebih tinggi dari Ertiga.

Tampilan ala SUV ditonjolkan melalui muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, bold LED headlamp lengkap dengan DRL, serta roof rail pada bagian atap. Sementara bagian belakang juga sudah mengadopsi bumper dengan desain kotak serta spoiler.

Baca juga: Suzuki XL7 Meluncur Sabtu Besok, Ini Skema Kreditnya

Paling signifikan dari sektor kaki-kaki dengan ground clearance 200 mm, atau 20 mm lebih tinggi dibandingkan Ertiga. Sementara pelek menggunakan dimensi 16 inci bernuansa gelap lengkap dengan fender pada empat rodanya.

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Khusus untuk varian tertinggi, yakni XL7 Alpha, konsumen bisa memilih pilihan kombinasi dua warna yang disediakan oleh Suzuki, yakni Rising Orange+Black dan Brave Khaki+Black.

Interior

Masuk ke bagian kabin, secara suasana memang seakan deja vu dengan Ertiga lantaran memiliki layout dasbor yang percis namun dengan sentuhan aksen berbeda. Suzuki memilih tema serba hitam pada interior, sementara aksen wood panel digantikan dengan motif menyerupai karbon.

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Gagang kemudi juga sudah dibungkus dengan lapisan sintetis. Sedangkan untuk memudahkan pengendara mengakses sistem audio layar sentuh 8 inci, sudah tersedia switch audio control serta koneksi Bluetooth untuk ponsel yang bisa dikendalikan langsung menggunakan ibu jari.

Menariknya, Suzuki menyematkan TFT Multi Information Display (MID) yang cukup informatif. Tak hanya bisa menampilkan informasi seputar kendaran saja, namun juga sudah dilengkapi dengan motion layaknya SUV sebenarnya.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Tentang Suzuki XL7 yang Meluncur Pekan Ini

Untuk XL7 Zeta hanya dilengkapi dengan AC digital, sementaran varian Beta dan Alpha lengkap dengan auto climate dan heater, bahkan sudah ada ventilated cup holder yang bisa membuat minuman tetap sejuk selama perjalanan.

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com