Satlantas Solo Akan Berlakukan Tes Psikologi Bagi Pemohon SIM

Kompas.com - 14/02/2020, 15:32 WIB
Pemohon SIM dan yang akan melakukan perpanjangan diwajibkan mengikuti tes psikologi. satlantas polresta surakartaPemohon SIM dan yang akan melakukan perpanjangan diwajibkan mengikuti tes psikologi.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Satlantas Polresta Solo akan menerapkan peraturan berupa tes psikologi baru bagi para pemohon maupun yang akan melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi ( SIM).

Aturan baru ini akan mulai berlaku pada Senin (24/2/20220) dan berlaku untuk semua jenis SIM.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni mengatakan, penerapan aturan baru ini mengacu pada sejumlah aturan yang sudah ada.

Baca juga: Jurus Kemenhub Berantas ODOL, Truk Akan Dipotong

Di antaranya, Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Selain itu dasar penerapan aturan ini juga pada Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Perkap nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi,” katanya saat dihubungi Kompas.com Jumat (14/2/2020).

Dasar lain yang digunakan untuk penerapan aturan tersebut yakni ST Kapolri Nomor ST/19663/X/2013 tentang Kelengkapan Persyaratan Kesehatan Rohani/Psiko untuk Pengurusan SIM.

Baca juga: Pasal Aturan Bikin SIM Digugat ke Mahkamah Konstitusi, Ini Kata Pengamat

Kemudian aturan lain yang juga menjadi dasar yakni ST Kapolda Jateng Nomor ST/213/YAN.1.1/2020 tentang Pemberlakuan Tes Psikologi bagi Seluruh Gol SIM di Seluruh Jajaran Polda Jateng mulai Tanggal 24 Februari 2020.

Pos tes psikologi di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat. Foto diambil Kamis (21/6/2018).RIMA WAHYUNINGRUM Pos tes psikologi di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat. Foto diambil Kamis (21/6/2018).

“Maka dari itu mulai tanggal 24 Februari mendatang Satlantas Polresta Solo juga memberlakukan tes psikologi bagi pemohon SIM baru maupun yang akan melakukan perpanjangan,” ucapnya.

Busroni menilai, aturan ini sudah waktunya untuk diberlakukan mengingat dasar hukum yang digunakan sudah ada cukup lama yakni tahun 2012 maupun tahun 2009.

Selama ini pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemberlakuan aturan itu.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X