Pilih Proyektor Lampu Motor, Ada HID atau LED

Kompas.com - 14/02/2020, 12:02 WIB
modifikasi lampu motor Kompas.com/Fathan Radityasanimodifikasi lampu motor

JAKARTA, KOMPAS.comLampu motor merupakan salah satu komponen yang kerap mendapatkan sentuhan modifikasi dari para bikers. Salah satu cara untuk memodifikasi yang umum dilakukan, adalah mengganti lampu standar dengan sistem proyektor.

Proyektor untuk motor ada dua jenis, yang menggunakan lampu High Intensity Discharge (HID) dan Light Emitting Diode ( LED). Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya, disesuaikan dengan keinginan dari pemilik kendaraan.

Arie, pemilik dari bengkel spesialis modifikasi lampu, Light Corner di Cibubur, menawarkan dua jenis  proyektor, dengan High Intensity Discharge (HID) dan Light Emitting Diode (LED).

Proyektor dengan LED sudah menyatu, jadi tidak bisa dibongkar kalau ada kerusakan, sedangkan yang HID bisa diperbaiki suku cadangnya.

Baca juga: Ragam Promo Suzuki XL7, Diskon Rp 15 Juta dan DP 19 Juta

projektor ledKompas.com/Fathan Radityasani projektor led

“Sebelum pasang proyektor, biasa ditanya dulu, untuk cahaya yang lebih terang atau hanya untuk gaya saja. Jika untuk jalan, saya sarankan pakai yang projektor HID, karena kalau rusak masih bisa diperbaiki,” ucap Arie kepada Kompas.com, Rabu (12/2/2020).

Kalau yang untuk gaya, biasanya pemilik tidak menggunakan lampu utamanya, hanya menyalakan lampu di sekitar proyektor agar terlihat berbeda.

Secara fungsi sebagai lampu utama, projektor HID memiliki pancaran sinar seperti mangkuk, sedangkan yang LED pancarannya titik, tidak menyebar.

Baca juga: Ragam Masalah Biosolar B30, dari Usia Filter Sampai Jadi Gel

“Proyektor HID lebih bagus dari LED untuk pancaran cahaya, cocok digunakan untuk harian. Sedangkan yang LED kurang cocok untuk dijadikan lampu utama, karena pancaran cahaya tidak menyebar,” ucap Arie.

Harga dari kedua model ini berbeda, proyektor LED mulai dari Rp400.000 sedangkan untuk yang HID mulai dari Rp 1 jutaan. Harga menyesuaikan dengan banyaknya proyektor yang digunakan dan termasuk ongkos pasang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X