Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilih Proyektor Lampu Motor, Ada HID atau LED

JAKARTA, KOMPAS.com – Lampu motor merupakan salah satu komponen yang kerap mendapatkan sentuhan modifikasi dari para bikers. Salah satu cara untuk memodifikasi yang umum dilakukan, adalah mengganti lampu standar dengan sistem proyektor.

Proyektor untuk motor ada dua jenis, yang menggunakan lampu High Intensity Discharge (HID) dan Light Emitting Diode (LED). Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya, disesuaikan dengan keinginan dari pemilik kendaraan.

Arie, pemilik dari bengkel spesialis modifikasi lampu, Light Corner di Cibubur, menawarkan dua jenis  proyektor, dengan High Intensity Discharge (HID) dan Light Emitting Diode (LED).

Proyektor dengan LED sudah menyatu, jadi tidak bisa dibongkar kalau ada kerusakan, sedangkan yang HID bisa diperbaiki suku cadangnya.

“Sebelum pasang proyektor, biasa ditanya dulu, untuk cahaya yang lebih terang atau hanya untuk gaya saja. Jika untuk jalan, saya sarankan pakai yang projektor HID, karena kalau rusak masih bisa diperbaiki,” ucap Arie kepada Kompas.com, Rabu (12/2/2020).

Kalau yang untuk gaya, biasanya pemilik tidak menggunakan lampu utamanya, hanya menyalakan lampu di sekitar proyektor agar terlihat berbeda.

Secara fungsi sebagai lampu utama, projektor HID memiliki pancaran sinar seperti mangkuk, sedangkan yang LED pancarannya titik, tidak menyebar.

“Proyektor HID lebih bagus dari LED untuk pancaran cahaya, cocok digunakan untuk harian. Sedangkan yang LED kurang cocok untuk dijadikan lampu utama, karena pancaran cahaya tidak menyebar,” ucap Arie.

Harga dari kedua model ini berbeda, proyektor LED mulai dari Rp400.000 sedangkan untuk yang HID mulai dari Rp 1 jutaan. Harga menyesuaikan dengan banyaknya proyektor yang digunakan dan termasuk ongkos pasang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/14/120200415/pilih-proyektor-lampu-motor-ada-hid-atau-led

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke