Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sangar, Penampakan Perdana Aprilia RS-GP 2020

Kompas.com - 02/02/2020, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEPANG, KOMPAS.com - Aprilia meliris penampakan motor baru Aprilia RS-GP 2020 di shakedown test di Sirkuit Sepang, Malaysia (1/2/2020). Tes yang dilakukan sebelum tes pramusim di tempat sama 7-9 Februari mendatang.

Hal paling menonjol pada sosok Aprilia RS-GP 2020 ini terlihat dari fasia depan dengan spoiler atau aero fairing yang cukup besar.

Bahkan mungkin yang paling besar dari semua motor yang bakal berlaga di MotoGP 2020.

Baca juga: Heboh Max Biaggi Kembali ke MotoGP Gantikan Iannone

 

Selain itu depan, Aprilia juga membenamkan sasis, knalpot dan mesin baru. Belum ada konfirmasi, namun rumor menyebut mesin kini bekonfigurasi V4 90 derajat seperti Honda, Ducati dan KTM, alih-alih V4 75 derajat di motor sebelumnya.

Kepastian apakah Aprilia menggunakan struktur mesin serupa Ducati baru bisa dikonfirmasi pada tes pramusim perdana, di Sepang, 7 Februari mendatang.

Baca juga: Rossi Sambut Baik Reuni dengan Lorenzo di Yamaha

Aprilia RS_GP 2020KOMPAS.com/Gilang Aprilia RS_GP 2020

Pada shakedown test kali ini Aprilia menurunkan tiga pebalap sekaligus yakni pebalap tes Bradley Smith, mantan pebalap World Superbike Lorenzo Savadori, dan Espargaro sebagai pebalap utama.

Adapun Andrea Iannone tidak terlihat karena masih terkena larangan oleh FIM setelah sampel tes kedua menunjukkan dia terbukti menggunakan steroid anabolik saat berlaga di GP Malaysia, akhir tahun lalu.

Sebelumnya pada dua tes paska musim 2019 yakni di Valencia dan Jerez, Aprilia tidak mengetes komponen 2020. Sehingga kemunculan motor baru ini menjadi angin segar bagi Espargaro yang sempat frustasi di musim lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com