Kawasaki Meguro 500, Motor Legendaris Kolaborasi Dua Nama Besar Jepang

Kompas.com - 24/01/2020, 12:02 WIB
Kawasaki Meguro 500 Oni FaristiwaKawasaki Meguro 500


JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial dalam bentuk ilustrasi karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-40 awak redaksi menghadirkan ilustrasi motor legendaris Kawasaki Meguro 500. Nama Meguro bukan hanya sekadar model, namun nama pabrikan motor yang bahkan lebih tua dari Kawasaki.

Meguro merupakan salah satu merek sepeda motor pertama Jepang. Nama perusahaannya Meguro Manufacturing Co, didirikan pada 1937 oleh Hobuji Murato dan Takaji Suzuki, perwira tinggi Angkatan Laut Jepang.

Baca juga: Honda Steed 400, Saudara Kandung Shadow dan Phantom

Pada 1937 Meguro melansir Meguro Z97 mengusung mesin 500 cc, OHV, silinder tunggal, OHV, yang terinspirasi dari Motosacoche Jubil‍Ze 500 cc Asal Swiss.

Pada era perang Dunia II Meguro sempat vakum dari kegiatan manufacturing. Meguro baru kembali pada 1950 dengan merilis motor balap bermesin Inline-Twin 651 cc yang terinspirasi dari motor-motor Inggris.

Pada 1958 Meguro memiliki banyak model dan varian motor mulai dari 50 cc sampai 500cc. Namun penjualannya kala itu justru kalah dari motor-motor Inggris karena dianggap terlalu mahal.

Bisnis yang makin lesu membuat Maguro harus mencari dana segar. Akhirnya diputuskan untuk menjual beberapa saham perusahaan kepada Kawasaki Aircraft untuk menyelamatkan perusahaan.

Sampai pada 1962 lahirlah produk pertama kolaborasi keduanya dengan merilis motor Kawasaki Meguro B8 125 cc yang ternyata cukup sukses di pasar Jepang.

Baca juga: Yamaha XS 650 Brong-brong Sang Jawara Modifikasi

Wujud asli Kawasaki Meguro 500.Kawasaki Heavy Industries Ltd Wujud asli Kawasaki Meguro 500.

Melihat pasar yang cukup baik, Kawasaki akhirnya mengakuisi Meguro sepenuhnya pada akhir 1964. Tak lama kemudian lahirlah Kawasaki-Meguro 250 SG yang merupakan produk terakhir kolaborasi keduanya.

Usai penjualan Kawasaki-Meguro 250 SG disetop pada 1969, nama Meguro pun menghilang. Kawasaki kemudian melajutkan dengan nama sendiri yaitu Kawasaki Heavy Industries hingga saat ini.

Kawasaki Meguro 500

Secara desain Kawasaki Meguro 500 mirip-mirp dengan gaya Inggrisan mulai dari lampu depan besar, tangki mengalir, dan jok besar boncengan. Selain itu blok mesin bagian kanan juga memiliki bentuk segitiga.

Sayang masa hidupnya tidak panjang, sejarah mencatat motor ini hanya diproduksi selama dua tahun yaitu pada 1965-1966. 

Mesin Kawasaki Meguro 500 mengusung jantung dua silinder. Adapun mesin ini merupakan pengembangan dari Meguro K "Stamina" yang eksis medio 1960–1965. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X