Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bikin Mobil Rumah, Ini Mobil yang Disarankan

Kompas.com - 23/01/2020, 18:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.comRecreational Vehicle (RV) di Indonesia masih merupakan kendaraan yang baru. Belum ada lima tahun jenis mobil ini berkeliaran di jalanan di Indonesia. Populasinya pun belum sebanyak kendaraan besar lainnya.

Jika RV di luar negeri memiliki modelnya sendiri, di Indonesia masih menggunakan basis dari mobil biasa atau dari sasis truk empat roda Long Wheel Base (LWB).

Pembuatannya bisa dilakukan melalui karoseri. Untuk pembuatan RV dengan basis mobil biasa, lebih baik mencari bahan yang memang luas interiornya.

Nadim, Sales Marketing dari Karoseri PT Bahana Selaras (Baze) di Bogor mengatakan kalau karoseri menerima semua model kendaraan yang ingin dimodifikasi interiornya menjadi RV, tapi harus diperhatikan juga dimensi dari kendaraannya.

Baca juga: Bikin Rumah Mobil, Modalnya Rp 100 Jutaan

kasur tidur motorhomeKompas.com/Fathan Radityasani kasur tidur motorhome

“Karoseri menerima permintaan dari costumer, tapi lihat juga besar dari kendaraannya. Misalnya Daihatsu Gran Max dan Toyota Hiace keduanya memiliki ukuran yang berbeda. Jika pakai Gran Max, interior yang di modifikasi tidak seluas di Hiace,” ucap Nadim kepada Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Jadi pada dasarnya semua mobil bisa dijadikan RV. Namun Nadim menyarankan untuk memakai mobil yang interiornya luas. Agar costumer bisa lebih bebas ketika membuat konsep RV yang ingin dibangun.

“Di karoseri Baze baru ada costumer yang menggunakan Hiace untuk dijadikan RV. Gran Max kan kecil interiornya, paling konsepnya ditaruh kursi lipat yang bisa jadi tempat tidur. Berbeda dengan mobil yang interiornya luas, nanti lebih mudah untuk konsep interiornya dan apa saja yang ingin dipasang,” ucap Nadim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com