Yamaha XS 650 "Brong-brong" Sang Jawara Modifikasi - Kompas.com

Yamaha XS 650 "Brong-brong" Sang Jawara Modifikasi

Kompas.com - 03/10/2018, 09:22 WIB
Yamaha XS 650 Jawara Suryanation Motorland 2018- Yamaha XS 650 Jawara Suryanation Motorland 2018


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor kustom milik Denny Shooter keluar sebagai karya The Greates Bike Suryanation Motorland 2018. Motor garapan B Brother Custom, Yogyakarta, ini sukses menumbangkan motor kustom lain dari enam kota sebelumnya.

Menggunakan basis Yamaha XS 650 lansiran 1982, Denny merancang bangun semuanya benar-benar dari nol. Bahkan dia mengaku hanya bermodalkan mesin tanpa ada rangka atau pun komponen lainnya saat awal menggarap.

"Saat awal beli motor ini yang cuma mesinnya saja, sama sekali tak bertua alias tidak ada rangka dan lainnya. Jadi semua ini saya kerjakan dari bawah, mulai bikin frame, kustom jok, rebuild mesin, kaki-kaki, hampir 90 persen lah, karena modal mesin saja," kata Denny saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/10/2018).

Butuh waktu hampir dua tahun bagi Denny membangun motor yang dijuluki "Brong-brong" ini. Semua pengerjaan dan konsep dirancang lebih detail, bahkan dalam prosesnya sempat beberapa kali sampai melakukan beberapa perubahan sebelum akhirnya dia menetapkan gaya Bobber Chopper.

Baca juga: Transformasi H-D WL 1947 ala Boardtracker


Saat awal, Denny sebenarnya memang sudah berniat membuat motor kustom, namun kondisinya saat itu belum sampai tahapan ikut berkompetisi. Denny mengaku lebih suka menikmati motornya lebih dulu, karena itu saat mesin sudah berhasil direstorasi dan rangka jadi, dia sempat beberapa kalai touring jarak jauh untuk menguji mesin tersebut.

Ketika sudah puas, baru dia memulai proses rancang bangun. Menurut Denny, pengerjaan paling menyita waktu adalah saat membuat sasis dan ketika melakukan sentuhan akhir.

Agar tetap nyaman dikendarai, dia mengambil konsep frame riggd ala hard trail yang tanpa ada suspensi di bagian belakang. Setelah rangka selesai, Denny mengaku mulai melakukan kustom sendiri pada sektor lainnya.

"Sasis itu ada yang mengerjakan, setelah jadi, sektor lain saya kerjakan sendiri. Mulai kustom tangki, jok, kemudi, kaki-kaki. Terakhir saat finishing, mulai dari krom sampai detail engraving itu juga cukup lama, karena harus beberapa kali diulang agar sempurna," ucap Denny.

Yamaha XS 650 Jawara Suryanation Motorland 2018- Yamaha XS 650 Jawara Suryanation Motorland 2018

Balik ke masalah mesin, Denny mengkau secara "dalaman" tidak ada perubahan, semua masih original dan kubikasinya pun tidak berubah. Namun karena sistem kelistrikannya masih platina, maka diubah menggunakan CDI.

Baca juga: Moge Chopper Jadi Lotre Kustomfest 2018

Pada bagian depan, Denny menyematkan suspensi milik Kawasaki W650 yang kemudian disandingkan dengan pelek bersimensi 21 inci dan tromol yang mengambil dari Honda CBX550. Tidak serta merta hanya meyematkan, teromol tersebut juga ikut di kustom dengan sentuhan seni bermotif khas Jawa.

Yamaha XS 650 Jawara Suryanation Motorland 2018- Yamaha XS 650 Jawara Suryanation Motorland 2018

Pahatan atau engraving ini juga ikut menghiasi diseluruh sektor, baik rangka sampai bagian mesin. Sementara untuk masalah kelir, Denny memilih kolaborasi warna krom dan goldleaf yang membuat motor kustom-nya tampil unik lengkap dengan sentuhan pinstriping karya Hacka.

Dengan kemengan ganda, yakni The Best Surabaya dan The Greates Bike Suryanation, Yamaha XS 650 karya Denny mendapat tiket untuk berkompetisi pada ajang Custombike-Show di kota Bad Salzuflen, Jerman, pada 2019 mendatang.




Close Ads X