Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Steed 400, Saudara Kandung Shadow dan Phantom

Kompas.com - 17/01/2020, 13:09 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi kembali menghadirkan foto sepeda motor spesial dalam bentuk ilustrasi karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni ini hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Kali ini, pada pekan ke-39 awak redaksi menghadirkan ilustrasi motor legendaris Honda Steed 400. Motor cruiser Honda yang masih satu saudara dengan Honda Shadow dan Honda Phantom.

Baca juga: Yamaha Virago 250, Cruiser Kecil Nan Eksotis

Sama seperti Shadow, Honda Steed populer di maerika Serikat yang memang gandrung mesin V-Twin. Steed 400 disukai karena merupakan motor cruiser ringan yang lincah dan gesit, khas motor Jepang.

Honda Steed 400Foto: Bikeswiki.com Honda Steed 400

Honda Steed sendiri hadir dalam beberapa tipe, mulai dari Steed 400 VLX, Steed 400 VLS, Steed 400 VCL dan Steed 400 VXE. Perbedaannya hanya soal detail saja, seperti perbedaan susensi depan, bentuk spatbor belakang dan lain-lain.

Model paling standar ialah Steed 400 VLX. Motor ini mengusung gaya chooper klasik. Pertama keluar pada pertengahan 1990'an. Desainnya mirip-mirip dengan kakaknya yang lebih besar yaitu Steed 600 VLX.

Baca juga: Sejarah Triumph T100

Honda Steed 400 VLX mengusung mesin dua silinder berkapasitas 398 cc. Menghasilkan 31 dk dengan torsi mencapai 33 Nm.

Meski cukup jarang terlihat namun motor ini ada di Indonesia. Di situs jual beli online ada beberapa Honda Steed yang dijual dalam kondisi bekas, dan harganya dimulai dari Rp 30 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com