Ironi, Pengguna Rotator dan Sirene Terbatas tapi Dijual Bebas

Kompas.com - 20/01/2020, 10:22 WIB
Lampu rotator dan sirene dijual bebas di situs jual beli online. IstimewaLampu rotator dan sirene dijual bebas di situs jual beli online.

JAKARTA, KOMPAS.com - Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( UU LLAJ) sudah mengatur mengenai penggunaan lampu rotator dan sirene.

Sudah tertulis jelas, jika bukan sembarang kendaraan yang memperoleh hak utama untuk menggunakan kedua perangkat tersebut.

Ironi, meski penggunaan lampu rotator dan sirine terbatas, produk ini masih dijual bebas.

Baca juga: Mobil dan Motor Pakai Rotator, Langsung Dicopot di Operasi Patuh Jaya

Berdasarkan regulasi resmi, hanya ada 7 golongan kendaraan yang diperbolehkan menggunakan rotator dan sirene. Simak berikut ini:

Ketentuan tersebut sudah diatur di dalam Pasal 134 UU LLAJ, antara lain:
1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
2. Ambulans yang mengangkut orang sakit.
3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia.
5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
6. Iring-iringan pengantar jenazah.
7. Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Lampu rotator dan sirene dijual bebas di situs jual beli online.Istimewa Lampu rotator dan sirene dijual bebas di situs jual beli online.

Dengan regulasi yang jelas, sejatinya produk ini bukan barang bebas yang bisa dibeli masyarakat. Tapi nyatanya rotator dan sirene tetap dijual secara bebas, bahkan dengan mudah dikirim ke rumah lewat situs jual-beli online.

Dijual secara bebas dalam arti pembelinya tidak ditanya berasal dari institusi apa atau harus menunjukkan identitas. Untuk lampu rotator, banyak ditawarkan berbagai model, baik untuk mobil atau motor. Sirene pun juga dijual dengan model yang beragam.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Razia Kendaraan yang Pakai Rotator | Motor Rossi di Yamaha

Untuk kisaran harganya, lampu rotator cukup beragam, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Begitu pula dengan sirene, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X