Menjajal Kenyamanan Angkot Full AC di Jakarta

Kompas.com - 09/01/2020, 14:00 WIB
angkot ber-ac Fathanangkot ber-ac

JAKARTA, KOMPAS.com – Angkutan perkotaan atau biasa dikenal angkot, adalah moda transportasi yang lekat dengan kota besar seperti Jabodetabek. Namun, selama ini angkot lekat dengan kata tidak terlalu nyaman.

Pasalnya, bila naik angkot pada umumnya, penumpang harus rela membuang waktu karena sopir angkot sangat gemar ngetem (menunggu penumpang). Belum lagi kepanasan karena jarang angkot dilengkapi dengan sistem penyejuk kabin atau AC.

Saat melintas di wilayah Stasiun Tanah Abang, awak redaksi Kompas.com bertemu dengan angkot Jak Lingko. Angkutan kota ini menggunakan armada Daihatsu Gran Max, dan ternyata sudah dilengkapi dengan AC.

Penasaran, awak redaksi pun tertarik untuk jajal jadi penumpang angkot ini. Sekilas, tidak ada yang berbeda dengan Gran Max versi reguler, dasbor depan tidak berubah dengan kenop AC, suhu kabin, dan jam digital. Terdapat sistem audio single din untuk mendengarkan radio.

Baca juga: Bukan Hanya Angkutan Barang, Isuzu Traga di Filipina Jadi Angkot

interior angkot ber-acFathan interior angkot ber-ac

Namun, yang berbeda dari angkot pada umumnya adalah segi kenyamanan, yakni lebih senyap dan dingin. Senyap dikarenakan tidak ada pintu atau kaca yang terbuka dan kabin sejuk berkat embusan AC dari depan.

Sistem AC yang dipakai memang masih single blower, tidak ada blower kedua untuk ruang belakang. AC akan lebih terasa ke penumpang belakang, bila berada di lebel dua.

Jika angkot yang bisa mengangkut total 11 orang ini terisi penuh, mungkin AC tidak terlalu terasa dingin. Jika ingin lebih terasa, bisa duduk dibelakang atau di sebelah supir. Namun kursi depan dikhususkan untuk kursi prioritas.

Untuk trayek Tanah Abang – Kota, angkot Jak Lingko ber-AC memiliki trayek yang berbeda dengan angkot regular 08.

Angkot Jak Lingko memutar melewati stasiun-stasiun KRL seperti Stasiun Juanda. Rasa berkendaranya nyaman ketika duduk, walaupun posisi duduknya sama seperti angkot biasa yang saling berhadapan.

Baca juga: Jamin Keselamatan, Suzuki Servis Gratis 700 Angkot

bagian belakang angkot ber-acFathan bagian belakang angkot ber-ac

Angkot Jak Lingko jika terisi penuh, ruang kakinya masih terbilang cukup, tidak bersenggolan dengan penumpang yang didepannya. Kursi penumpangnya juga memiliki bahan fabric.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X