Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Berbulan-bulan Sampai Rp 10 Juta, Pihak Bandara Tidak Beri Dispensasi

Kompas.com - 23/12/2019, 17:24 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


 

SOLO, KOMPAS.com- Pihak Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo tidak akan memberikan dispensasi atau keringanan tarif parkir kepada pemilik mobil yang parkir lebih dari enam bulan.

Tagihan tarif parkir tetap akan ditarik sesuai dengan ketentuan yang seharusnya. Yakni dengan perhitungan tarif mobil atau roda empat sebesar Rp 50 ribu setiap 24 jam.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh General Manager PT Angkasa Pura (AP) I, Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Abdullah Usman saat dihubungi KOMPAS.com, Senin (23/12/2019).

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Tol Layang Japek Macet Parah | Kondisi Mobil yang Parkir Berbulan-bulan di Bandara

Usman menambahkan, tagihan tarif parkir untuk pemilik mobil sampai saat ini sudah mencapai lebih dari Rp 10 juta. Dan nantinya, tagihan tetap sesuai dengan perhitungan tarif parkir yang berlaku.

“Kalau tagihan tarif parkir tetap sama, tidak ada keringanan atau dispensasi. Itu sudah sesuai dengan tarif yang berlaku progresif,” urainya.

Kondisi mobil yang sudah parkir lebih dari enam bulan di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai Rp 10 juta lebih.KOMPAS.com/ Ari Purnomo Kondisi mobil yang sudah parkir lebih dari enam bulan di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai Rp 10 juta lebih.

Maka dari itu, Usman pun meminta kepada pemilik mobil untuk segera mengambil mobilnya. Hal ini karena jika tidak segera diambil, maka tagihan untuk tarif parkir akan terus bertambah.

“Ya kalau tidak segera diambil otomatis tagihannya akan terus bertambah sesuai dengan lamanya waktu parkir. Dan bisa saja mencapai puluhan juta nantinya,” tuturnya.

Selain untuk mengurangi beban tarif parkir, lanjut Usman, jika mobil diambil pemilik maka lahan yang selama ini ditempati mobil jenis Suzuki Grand Vitara itu bisa digunakan untuk pemilik mobil lainnya.

Baca juga: Begini Kondisi Mobil yang Parkir Berbulan-bulan di Bandara, Tagihannya Sudah Lebih dari Rp 10 Juta

“Kalau tidak diambil, ya pemiliknya datang kesini bilang ke petugas agar mobil bisa ditempatkan di tempat lain. Sehingga, tempat yang saat ini digunakan untuk parkir itu bisa dipakai yang lain,” ucapnya.

Usman mengatakan, keberadaan mobil parkir yang sudah lebih dari enam bulan itu memang sempat viral dan menyedot perhatian. Tidak sedikit media yang datang untuk meliput keberadaan mobil tersebut.

“Kejadian mobil yang parkir berbulan-bulan ini baru kali ini terjadi. Sebelumnya, tidak pernah ada mobil yang parkir lebih dari ini. Ini yang paling lama yang pernah ada,” katanya.

Baca juga: Ini Alasan Pemilik Mobil yang Parkir Berbulan-bulan di Bandara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com