Kupas Interior Mobil Listrik BMW i3s, Sederhana tapi Modern

Kompas.com - 23/12/2019, 11:23 WIB
Mobil listrik BMW i3s STANLY RAVEL-KOMPAS.comMobil listrik BMW i3s
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Meski mengusung tampilan minimalis, namun interior BMW i3s tetap menunjukan kesan yang unik. Paling menarik adalah semua material yang disematkan memiliki unsur ramah lingkungan.

Seakan ingin menonjolkan sisi berbeda dari kendaraan listik yang futuristik, BMW justru lebih menonjolkan kesan ramah lingkungan.

Tampilan sederhana dari interior di tonjolkan melalui permainan aksen eucalyptus wood, sementara pada area dasbor terdapat bahan plastik yang merupakan material daur ulang alias recycle.

Walau demikian, bukan berarti biasa saja, karena sisi modern dan kemewahan juga ikut dikolaborasikan di dalamnya. Hal ini diperlihatkan dari tatanan serba digital baik dari instrument cluster sampai perangkat sisitem iDrive.

Baca juga: Kesan Sporty di Balik Bodi Mungil BMW i3s

Kesan menarik memang mengamati layout dasbor yang dibuat minimalis namun menunjukan sisi kelapangan, bahkan berdampak pada sisi visibilitas yang mempuni pada area depan.

Mobil listrik BMW i3sSTANLY RAVEL-KOMPAS.com Mobil listrik BMW i3s

Menyeimbangkan tampilan dasbor, seluruh jok juga ikut diselaraskan dengan tema unik yang dibungkus material Solaric Climate Active Wool Upholstery dengan paduan kelir abu-abu dan cokelat.

Sayangnya, dengan banderol off the road di atas Rp 1 miliar dan statusnya sebagai mobil mewah, ternyata untuk pengaturan kursi masih harus dijalankan secara manual, belum ada tombol otomatis yang memudahkan pengendaranya.

Kelebihan lain yang ditawarkan BMW melalui i3s adalah kemudahan dalam mengaktifkan ragam fungsi, semua tombol fitur diletakan pada tempat atau area yang mudah untuk dijangkau.

Untuk area kemudi sudah terdapat berapa tombol untuk mejangkau audi dan ragam informasi lainnya, sementara konsul tengah menjadi lahan fitur navigasi sampai tombol fitur Drive Performance Control untuk memilih mode berkendara.

Mobil listrik BMW i3sSTANLY RAVEL-KOMPAS.com Mobil listrik BMW i3s

Sedangakan untuk sarana hiburan, i3s sudah dibekali dengan perangkat iDrive 6.0 dengan layar LCD Free-standing berdimensi 10.25 inci. Untuk fungis yang dijajakan hampir sama dengan sistem iDrive pada umumnya dan tetap bisa mengakses ragam hiburan dari berbagai sumber.

Baca juga: Cas Baterai Hingga Berkendara Bersama BMW i3s [VIDEO]

Mobil listrik BMW i3sSTANLY RAVEL-KOMPAS.com Mobil listrik BMW i3s

Dari segi kenyamanan, walau sekilas dari luar memiliki visual ekterior yang terkesan kecil, namun menyingung soal kenyamanan dari segi kelapangannya tak perlu lagi diragukan.

Mulai dari baris pertama sampai baris kedua, boleh dibilang cukup baik. Dari hasil pengetesan Kompas.com, redaksi mendapatkan ruang leg room dan head room yang ditawarkan mobil listrik ini mampu mengakomodisi penumpang dewasa dengan tinggi di atas 175 cm.

Desain BMW i3s Desain BMW i3s

Tak perlu khawatir soal masalah bagasi, walau terkesan minim namun aslinya i3s memiliki kelapangan bagasi hingga 260 liter dalam kondisi semua jok digunakan.

Apalagi membutuhkan cakupan ruang yang lebih besar, tinggal lipat jok di baris kedua, dimensi lapang pun naik menjadi 1.100 liter.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X