Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kupas Interior Mobil Listrik BMW i3s, Sederhana tapi Modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski mengusung tampilan minimalis, namun interior BMW i3s tetap menunjukan kesan yang unik. Paling menarik adalah semua material yang disematkan memiliki unsur ramah lingkungan.

Seakan ingin menonjolkan sisi berbeda dari kendaraan listik yang futuristik, BMW justru lebih menonjolkan kesan ramah lingkungan.

Tampilan sederhana dari interior di tonjolkan melalui permainan aksen eucalyptus wood, sementara pada area dasbor terdapat bahan plastik yang merupakan material daur ulang alias recycle.

Walau demikian, bukan berarti biasa saja, karena sisi modern dan kemewahan juga ikut dikolaborasikan di dalamnya. Hal ini diperlihatkan dari tatanan serba digital baik dari instrument cluster sampai perangkat sisitem iDrive.

Kesan menarik memang mengamati layout dasbor yang dibuat minimalis namun menunjukan sisi kelapangan, bahkan berdampak pada sisi visibilitas yang mempuni pada area depan.

Menyeimbangkan tampilan dasbor, seluruh jok juga ikut diselaraskan dengan tema unik yang dibungkus material Solaric Climate Active Wool Upholstery dengan paduan kelir abu-abu dan cokelat.

Sayangnya, dengan banderol off the road di atas Rp 1 miliar dan statusnya sebagai mobil mewah, ternyata untuk pengaturan kursi masih harus dijalankan secara manual, belum ada tombol otomatis yang memudahkan pengendaranya.

Kelebihan lain yang ditawarkan BMW melalui i3s adalah kemudahan dalam mengaktifkan ragam fungsi, semua tombol fitur diletakan pada tempat atau area yang mudah untuk dijangkau.

Untuk area kemudi sudah terdapat berapa tombol untuk mejangkau audi dan ragam informasi lainnya, sementara konsul tengah menjadi lahan fitur navigasi sampai tombol fitur Drive Performance Control untuk memilih mode berkendara.

Sedangakan untuk sarana hiburan, i3s sudah dibekali dengan perangkat iDrive 6.0 dengan layar LCD Free-standing berdimensi 10.25 inci. Untuk fungis yang dijajakan hampir sama dengan sistem iDrive pada umumnya dan tetap bisa mengakses ragam hiburan dari berbagai sumber.

Dari segi kenyamanan, walau sekilas dari luar memiliki visual ekterior yang terkesan kecil, namun menyingung soal kenyamanan dari segi kelapangannya tak perlu lagi diragukan.

Mulai dari baris pertama sampai baris kedua, boleh dibilang cukup baik. Dari hasil pengetesan Kompas.com, redaksi mendapatkan ruang leg room dan head room yang ditawarkan mobil listrik ini mampu mengakomodisi penumpang dewasa dengan tinggi di atas 175 cm.

Tak perlu khawatir soal masalah bagasi, walau terkesan minim namun aslinya i3s memiliki kelapangan bagasi hingga 260 liter dalam kondisi semua jok digunakan.

Apalagi membutuhkan cakupan ruang yang lebih besar, tinggal lipat jok di baris kedua, dimensi lapang pun naik menjadi 1.100 liter.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/23/112300215/kupas-interior-mobil-listrik-bmw-i3s-sederhana-tapi-modern

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke