Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Perbedaan antara Helm Open Face dan Half Face

Kompas.com - 05/12/2019, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm ada dua jenis yaitu helm tertutup dan helm terbuka. Helm tertutup biasa disebut full face, dan helm terbuka open face atau half face. Tapi ternyata pengertian helm open face dan half face tidak sama.

Irwan Bachroem, Dr.DR Helmet and Apparel Specialist dari DeRide, distributor resmi helm Nolan dan X-Lite di Indonesia mengatakan, banyak orang keliru mengatakan helm half face sebagai helm open face.

Baca juga: Perbedaan Helm Buat Balap Mobil dan Motor

Helm half face Foto: Istimewa Helm half face

"Banyak orang menyebut helm open face dengan half face, sebenarnya helm half face ialah helm yang hanya menutupi bagian tempurung atas kepala, kurang lebih bentuknya seperti helm proyek (cetok). Sedangkan helm open face bagian batoknya menutupi seluruh bagian kepala hingga leher dan hanya bagian muka hingga dagu yang terbuka," katanya kepada Kompas.com, Rabu (4/12/2019).

Irwan mengatakan, jadi sebetulnya helm yang banyak beredar di Indonesia dengan standar SNI ialah helm open face bukan helm half face. Sebab batoknya masih menutupi telinga dan seluruh bagian belakang kepala.

Ragam helm klasik di IIMS Motobike Expo 2019Kompas.com/Donny Ragam helm klasik di IIMS Motobike Expo 2019

"Open face dan half face beda, tapi biasanya kita sebagai penjual helm sudah mengerti kalau konsumen bilang half face sebenernya pasti minta yang tipe open face," katanya.

Baca juga: Kata Polisi soal Penggunaan Intercom Helm

Ahmad M, angota komunitas pegiat helm, Belajar Helm, mengatakan, jenis helm open face juga bermacam-macam tergantung kebutuhan.

"Ada yang pakai visor atau goggle (kacamata) dan ada yang tidak pakai. Ada juga tipe open face yang pakai pet berbagai jenis, bahkan ada yang petnya menyertai visor kecil," kata Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com