Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2019, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan sehingga menimalisir cedera. Helm merupakan salah satu piranti keselamatan wajib di ranah balap, baik balap mobil atau motor.

Meski secara fungsi dan tujuannya sama, ada spesifikasi khusus yang membedakan antara helm mobil dan motor. Hal ini disebabkan karena keperluan proteksi antara helm mobil dan motor tidak sama.

Baca juga: Tips Berkendara Menggunakan Intercom Helm yang Aman

Rossi kenalkan helm khusus untuk GP San Marino 2019motogp.com Rossi kenalkan helm khusus untuk GP San Marino 2019

"Kalau secara fisik perbedaannya tidak terlalu jauh. Tapi untuk helm jenis full face, visor helm yang peruntukan balap motor lebih lebar daripada helm balap mobil," kata Ahmad M, anggota komunitas pegiat helm, Belajar Helm, kepada Kompas.com, Selasa (3/12/2019).

Perbedaan lain, katanya, di balap mobil masih dibolehkan helm jenis open face sedangkan di balap motor sudah pasti full face atau tertutup seluruhnya. Helm jenis open face di balap mobil biasanya ditemui di ajang reli.

Helm balap mobil tipe open face Foto: race-dezert.com Helm balap mobil tipe open face

Baca juga: Citra Helm Lokal Indonesia Ikut Terdongkrak berkat MotoGP

"Khusus untuk balap F1 dan Nascar biasanya di bagian helmnya terdapat clip on. Fungsinya yaitu menempel kebagian neck protector jadi helm tidak gerak. Karena memang tuntutannya begitu," katanya.

Untuk struktur batok tidak ada perbedaan mencolok antara helm mobil atau motor. Hanya saja pada helm mobil, batoknya biasanya dibuat tahan panas sampai ratusan derajat untuk menjaga pengemudi jika kendaraan terbakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.