Sensasi Nyetir Suzuki SX-4 S-Cross, Hatchback Rasa SUV

Kompas.com - 03/12/2019, 09:42 WIB
Suzuki SX-4 S-Cross saat melajur di tol Jorr KOMPAS.com/ArisSuzuki SX-4 S-Cross saat melajur di tol Jorr

 

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki SX-4 S-Cross facelift sebetulnya sudah meluncur sejak akhir 2017 lalu. Waktu itu model ini hadir saat usia SX-4 generasi ini baru memasuki 1,5 tahun di Indonesia.

Kini sekitar dua tahun sejak kemunculannya, SX-4 S-Cross masih cukup layak dimiliki oleh Anda yang mengincar hatchback bercita rasa SUV. Setidaknya ada beberapa alasan yang membuat model ini menarik.

Pertama kami mulai dari fitur, S-Cross terbilang bisa memanjakan pengemudi lewat kelengkapan di kabinnya. Misalnya posisi menyetir yang bisa diatur lebih fleksibel, berkat tilt dan telescopic steering.

Di setirnya, terdapat kontrol audio, telepon, hingga cruise control yang bisa membuat perjalanan makin menyenangkan. Belum lagi fitur auto rain sensing, tinggal posisikan tuas wiper di mode auto, maka wiper akan aktif sendiri saat kena hujan gerimis.

Baca juga: Suzuki Indonesia, Kapan Mau Rakit Lokal Ignis, Baleno atau S-Cross?

 

Suzuki SX-4 S-Cross dibekali ban berprofil 215/60 R16, sementara ground clearance mencapai 185 mm.KOMPAS.com/Dio Suzuki SX-4 S-Cross dibekali ban berprofil 215/60 R16, sementara ground clearance mencapai 185 mm.

Selain itu, S-Cross juga dilengkapi beragam fitur yang bisa dibanggakan seperti lampu LED dengan proyektor, sensor parkir, kamera mundur, keyless entry, tombol start/stop, serta AC dengan climate control,

Dari sisi interior kami merasa, S-Cross terkesan lebih mewah dari kompetitor di segmen hatchback. Utamanya berkat beberapa material empuk di dasbor dan door trim, detil kecil ini tentu masih belum banyak di mobil pada level harga di bawah Rp 300 jutaan.

Kemudian dari ukuran, dengan postur (PxLxT) 4.300 mm x 1.785 mm x 1.595 mm, S-Cross jelas jadi yang paling besar jika dibandingkan dengan hatchback rival, seperti Jazz dan Yaris.

Bahkan S-Cross ternyata juga lebih besar dari HR-V, untuk diketahui Low SUV Honda itu memiliki ukuran (PxLXT) 4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm.

Baca juga: Mengenal Karakter Pembeli Suzuki S-Cross

 

Ilustrasi perbandingan ukuran Suzuki SX-4 S-Cross dengan Honda HR-VKOMPAS.com/Dio Ilustrasi perbandingan ukuran Suzuki SX-4 S-Cross dengan Honda HR-V

Sementara itu jika menilik harga dari situs resminya, per Desember 2019 ini (on the road Jakarta) S-Cross dipatok sekitar Rp 284 juta hingga Rp 297 juta.

Sedangkan Jazz dijual mulai Rp Rp 244,8 juta sampai Rp 286,6 juta, dan Yaris dari Rp 246,65 juta hingga Rp 278,85 juta. Lain halnya dengan HR-V yang dibanderol kisaran Rp 291,4 juta sampai Rp 342,6 juta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X