Kompas.com - 02/11/2019, 15:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

DEMAK, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) resmi melakukan serah terima perdana bus listrik kepada PT Paiton Energy. Seremoni ini dilakukan langsung di PT Karoseri Anak Bangsa, Demak, Jawa Tengah, Sabtu (2/11/2019).

Pendiri MAB Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, menjelaskan seremoni hari ini memberikan kebanggan tersendiri karena konsumen perdanya justru dari perusahaan asing.

Baca juga: Bus Listrik MAB Diklaim Lebih Irit Dibandingkan Konsumsi Solar

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) resmi melakukan serah terima perdana bus listriknya kepada PT Paiton Energy.KOMPAS.com/Stanly PT Mobil Anak Bangsa (MAB) resmi melakukan serah terima perdana bus listriknya kepada PT Paiton Energy.

"Ini peluncuran produk komersial pertama MAB yang konsumen perdananya dari perusahaan Jepang, ini suatu kebanggan karena Jepang punya kontrol kualitas yang ketat, artinya produk kita cukup berkualitas," ucap Moeldoko di Demak, Sabtu (2/11/2019) .

Lebih lanjut Moeldoko berharap, akan lebih banyak lagi perusahaan lain yang menggunakan bus listrik dari MAB, karena selain membantu industri lokal, juga bisa mereduksi polusi udara dengan baik terutama pada kota-kota besar.

Bus listrik yang dipesan adalah MD 12E NF berdimensi 12 meter dengan tipe high deck. Nantinya bus ini akan digunakan Paiton Energy untuk menjemput dan mengantar para karyawannya.

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) resmi melakukan serah terima perdana bus listriknya kepada PT Paiton Energy.KOMPAS.com/Stanly PT Mobil Anak Bangsa (MAB) resmi melakukan serah terima perdana bus listriknya kepada PT Paiton Energy.

Bicara dari sisi spesifikasi, bus listrik MAB yang mampu menampung 45 orang ini hadir dengan kapasitas baterai 250 Kwh, 404 Ah. Penggeraknya menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor (PSMS) dengan tenaga yang mampu dikeluarkan mencapai 150 Kw dengan torsi 1.194 Nm.

Baca juga: Ini Angkot Listrik MAB yang Siap Beroperasi

Untuk pengisian daya hingga penuh, memakan waktu dua hingga tiga jam. Sedangkan untuk jarak tempuhnya sendiri, bus tersebut diklaim mampu mencapai 200 km dengan kecapatan maksimal 100 kpj.

"Bus listrik MD 12E NF ini merupakan hasil kerja keras MAB untuk mewujudkan kemampuan produksi bus listrik karya anaka bangsa. Ke depannya kami akan memproduksi lagi bus listrik dengan berbagai tipe, baik ukuran 12 meter delapan meter, dan lima meter," ucap Presiden Direktur MAB Mayjen TNI (Purn) Leonard.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.