Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Listrik Rakitan MAB Resmi Diserahkan ke Konsumen

DEMAK, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) resmi melakukan serah terima perdana bus listrik kepada PT Paiton Energy. Seremoni ini dilakukan langsung di PT Karoseri Anak Bangsa, Demak, Jawa Tengah, Sabtu (2/11/2019).

Pendiri MAB Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, menjelaskan seremoni hari ini memberikan kebanggan tersendiri karena konsumen perdanya justru dari perusahaan asing.

"Ini peluncuran produk komersial pertama MAB yang konsumen perdananya dari perusahaan Jepang, ini suatu kebanggan karena Jepang punya kontrol kualitas yang ketat, artinya produk kita cukup berkualitas," ucap Moeldoko di Demak, Sabtu (2/11/2019) .

Lebih lanjut Moeldoko berharap, akan lebih banyak lagi perusahaan lain yang menggunakan bus listrik dari MAB, karena selain membantu industri lokal, juga bisa mereduksi polusi udara dengan baik terutama pada kota-kota besar.

Bus listrik yang dipesan adalah MD 12E NF berdimensi 12 meter dengan tipe high deck. Nantinya bus ini akan digunakan Paiton Energy untuk menjemput dan mengantar para karyawannya.

Bicara dari sisi spesifikasi, bus listrik MAB yang mampu menampung 45 orang ini hadir dengan kapasitas baterai 250 Kwh, 404 Ah. Penggeraknya menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor (PSMS) dengan tenaga yang mampu dikeluarkan mencapai 150 Kw dengan torsi 1.194 Nm.

Untuk pengisian daya hingga penuh, memakan waktu dua hingga tiga jam. Sedangkan untuk jarak tempuhnya sendiri, bus tersebut diklaim mampu mencapai 200 km dengan kecapatan maksimal 100 kpj.

"Bus listrik MD 12E NF ini merupakan hasil kerja keras MAB untuk mewujudkan kemampuan produksi bus listrik karya anaka bangsa. Ke depannya kami akan memproduksi lagi bus listrik dengan berbagai tipe, baik ukuran 12 meter delapan meter, dan lima meter," ucap Presiden Direktur MAB Mayjen TNI (Purn) Leonard.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/02/154200715/bus-listrik-rakitan-mab-resmi-diserahkan-ke-konsumen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke