Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ngecas Kendaraan Listrik, Berikut Daftar Lokasi SPKLU

Kompas.com - 30/10/2019, 14:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negeri (Persero) secara serentak meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa wilayah, yaitu DKI Jakarta, Tangerang, Bali, dan Bandung.

Langkah tersebut sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor berbasis baterai, sesuai dengan Peraturan Presiden No.55 tahun 2019.

Menariknya, Jakarta kedapatan empat titik SPKLU dengan spesifikasi ultra fast charging (125 kW), fast charging (50 kw), dan normal charging (25 kW).

Baca juga: Punya Mobil Listrik? Ini Tarif Charge di SPKLU Milik PLN

 

SPKLU Di AEON BSDKOMPAS.com/Rina Ayu Larasati SPKLU Di AEON BSD

"PLN Disjaya akan menjadi lokasi untuk dua SPKLU, ultra fast charging dan fast charging," kata General Manajer PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Assad di keterangan resminya, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Selain itu, PLN juga mendirikan dua SPKLU di mal Senayan City dan Pondok Indah Mall.

Sementara di Tangerang, SPKLU akan disediakan di Aeon BSD. Sedangkan di Bandung, SPKLU diletakkan di kantor PLN kawasan Soekarno-Hatta, dan di Bali berada di kantor PLN kawasan Denpasar.

"Langkah PLN sangat bagus dan strategis dengan kerjasama untuk pemanfaatan kendaraan berbasis listrik. Hal ini juga bagus untuk peningkatan penjualan tenaga listrik kedepannya," kata Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana.

Baca juga: Dilema SPKLU dan Populasi Mobil Listrik BMW

 

Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8  saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8 saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.

Terkait tarif pengecasan di SPKLU saat ini masih dibincangkan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Jadi, untuk tarif sementera masih kita kasih gratis sampai dengan Desember 2019. Kita masih bicarakan dengan Kementarian ESDM terkait tarif ini," kata Ikhsan.

Sebelumnya PLN telah menggandeng 20 mitra strategis untuk kerjasama dalam hal percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) beberapa waktu lalu.

Melalui kerjasama itu, direncanakan akan dibangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia hingga akhir tahun ini. Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah.

"Kami menargetkan nantinya akan ada 20 SPKLU di Jakarta," kata Ikhsan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com