Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Angkot Listrik MAB yang Siap Beroperasi

Kompas.com - 29/08/2019, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) telah memastikan diri untuk ikut memproduksi mobil listrik. Namun, bukan untuk digunakan sebagai kendaraan pribadi, melainkan transportasi umum, salah satunya angkutan kota alias angkot listrik.

Mobil listrik MAB akan diproduksi sebagai feeder atau kendaraan perantara yang juga bisa dijadikan angkutan umum layaknya angkot. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, mobil tersebut dinamakan Metropod.

Technical Director PT MAB Bambang Tri Soepandji, menjelaskan, saat ini mobil tersebut sudah dalam bentuk prototipe yang tengah dikaji dan diuji lebih lanjut sebelum nantinya masuk ke fase produksi.

Baca juga: Kemenhub Dorong Bus Listrik Jadi Angkutan Umum

"Masih prototipe, saya juga belum bisa infokan spesifikasinya saat ini. Tapi yang pasti seperti gambar itu, bentuknya mobil secara dimensi tapi bagian head room itu kita buat lebih tinggi," kata Bambang saat berbincang dengan Kompas.com, di Jakarta, Selasa (28/8/2019).

Melihat dari desainya memang cukup modern dan futuristik. Hampir semua sektor ekteriornya didominasi dari kaca, sementara untuk pintu menggunakan model sliding yang bisa terbuka dua sisi.

Baca juga: Kemenhub Siapkan Pengadaan Bus Listrik di 2021

Tes bus listrik MAB dengan Kemenhub di Jakarta Tes bus listrik MAB dengan Kemenhub di Jakarta

Bambang menjelaskan memang konsepnya dibuat sebagai mobil komuter yang fleksibel dengan ground celarance yang rendah. Ketika ditanyakan apakah juga akan digunakan menjadi angkot, Bambang masih enggan untuk menjelaskannya lebih detail.

"Yang pasti sudah ada yang pesan untuk dijadikan shuttle untuk mengangkut orang, tahun ini sudah kita produksi tapi sekarang masih prototipe, ada yang sedang kita uji dan kerjakan lagi," ucap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com