Mengurus Surat Mobil Subaru Hasil Lelang Tidak Sulit

Kompas.com - 10/10/2019, 08:52 WIB
Lelang Subaru dilaksanakan Bea Cukai Tanjung Priok Lelang.go.idLelang Subaru dilaksanakan Bea Cukai Tanjung Priok

BEKASI, KOMPAS.com - Berdasarkan daftar barang lelang yang didaftarkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mobil Subaru, sebanyak 141 unit dari 169 unit belum memiliki surat jalan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ( STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Mobil yang sudah dilengkapi surat jalan, ialah bekas kendaraan operasional. Sedangkan yang belum meemiliki merupakan unit baru yang berada di showroom.

Kendati demikian, Kabid Perbendaharaan Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok Hari Prabowo menyatakan, pengurusan surat kendaraan tidaklah sulit. Terlebih, pemenang lelang akan mendapat risalah lelang yang bisa digunakan sebagai tembusan pengurusan surat jalan.

Baca juga: Lelang Subaru Terjual Seharga Mobil Murah

ilustrasiShutterstock ilustrasi

"Terkait surat atau dokumen jalan itu dibebankan kepada pemenang lelang. Tapi jangan khawatir, untuk mengurusnya di Korlantas mereka tidak perlu form A, tinggal ajukan saja risalah lelang," katanya di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/10/2019).

Namun memang, pengurusannya itu membutuhkan waktu. Sebab, Surat Uji Tipe (SUT) kendaraan dan Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT) yang bisa digunakan untuk keperluan pengurusan STNK dan BPKB belum semuanya ada.

Baca juga: Mobil Lelang Tak Dilengkapi Surat, Begini Cara Mengurusnya

Ilustrasi Subaru Impreza hatchback 1.5 lansiran tahun 2008autoevolution.com Ilustrasi Subaru Impreza hatchback 1.5 lansiran tahun 2008

Hari mengatakan, dari 13 tipe Subaru yang dilelang baru 12 tipe saja yang sudah memiliki SUT. Sedangkan SRUT, sedang dalam proses koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan pihak terkait.

"Kita sudah koordinasikan dengan antar lembaga, besok juga akan dilakukan meeting dengan Kepala KPKNL dan pihak Perhubungan Darat untuk memastikan dokumen ini. Tidak lama," kata Hari.

"Kemarin pihak Polda Metro Jaya juga sudah minta konfirmasi kepada kami tentang tipe Subaru yang dilelang itu, dan pihak Bea dan Cukai sudah jawab. Jadi mungkin untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB)-nya sudah diproses," ujarnya.

Ilustrasi Subaru Forester 2.0 2012autoevolution.com Ilustrasi Subaru Forester 2.0 2012

Kepala KPKNL Bekasi Hamim Mustofa pada kesempatan sama, mengatakan seharusnya tidak ada kesulitan dalam mengurus dokumen legalitas kendaraan yang diperoleh dengan cara lelang.

"Risalah lelang itu sebagai akta otentik lelang, kedudukannya sama dengan akta jual-beli dari notaris. Harusnya secara aturan normatif, tidak ada masalah (untuk pengurusan surat jalan kendaraan)," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X