Rantai Pocket Bike Sering Copot, Begini Solusinya

Kompas.com - 07/10/2019, 14:31 WIB
Motor Mini di Burtor 2016 Aditya Maulana - OtomaniaMotor Mini di Burtor 2016

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kelemahan pocket bike biasanya rantai copot. Hal ini disebabkan dua soal, pertama mesin yang bergetar dan kedua ialah engine mounting atau dudukan mesin yang kurang ''ajek.''

Karena rawan copot dapat membuat motor jadi tidak nyaman kalau di ajak jalan. Mungkin jika hanya sekali dua kali tak masalah karena tak sulit membetulkannya, tapi jika berulang kali pasti bakal merepotkan.

Baca juga: MiniGP, Motor Kerdil yang Peminatnya Orang Besar

Endang Tirtana, punggawa bengkel motor mini di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, cara supaya motor enak dipakai dan rantai tidak sering copot maka mesti ganti rantai dari merek lain.

Endang Tirtana pemilik bengkel motor mini dan member Komunitas Motor Mini Indonesia (KOMMI). KOMPAS.com/Gilang Endang Tirtana pemilik bengkel motor mini dan member Komunitas Motor Mini Indonesia (KOMMI).

"Untuk rantai kalau mau enak itu pakai rantai keteng punya Kawasaki Kaze. Itu sudah pas ukurannya. Tapi kalau mau lebih enak lagi pakai punya Binter Merzi, cuma mahal," kata Endang yang ditemui Kompas.com, pekan lalu.

Baca juga: Kenali Tiga Ciri Busi Palsu

Tapi untuk awal, Endang lebih menyarankan pakai rantai keteng Kaze. Sebab selain kuat tidak perlu ubahan di gir. Artinya tinggal pasang alias plug and play.

"Pertama itu tidak berisik, dan kedua langsung pas ke ukuran gir. Ukuran gir aftermarket juga banyak yang pas, jadi banyak variasinya. Tapi kalau bagusan mana, pakai punya Merzy," kata Endang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X